Timnas Indonesia U-22 dan Thailand Bisa Lolos ke Semifinal SEA Games 2019?

Editor: KRjogja/Gus

MANILA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 dan Thailand saat ini menduduki posisi dua dan tiga Grup B SEA Games 2019 dengan koleksi sembilan poin. Saat ini, Timnas Indonesia U-22 berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Thailand, yakni surplus 11 gol berbanding 10 milik Thailand.

Banyak pihak beranggapan, Indonesia dan Thailand saat ini hanya berebut posisi runner-up. Sebab, posisi puncak klasemen bakal diraih Vietnam yang dalam empat laga awal meraup 12 poin. Padahal, Vietnam yang saat ini memuncaki klasemen pun masih bisa tersingkir dan gagal lolos ke semifinal SEA Games 2019.

Timnas Vietnam U-22 bisa gagal lolos ke semifinal asalkan kalah minimal 0-2 dari Thailand di laga terakhir, plus di laga lain Indonesia minimal menang 1-0 atas Laos. Jika kondisi di atas terjadi, Indonesia, Thailand dan Vietnam memang mengoleksi poin yang sama, yakni 12 angka.

Hanya saja, Indonesia dan Thailand memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Vietnam. Indonesia dan Thailand sama-sama surplus 12 gol, sedangkan Vietnam hanya 11. Sekadar informasi, selisih gol dijadikan tolok ukur penentuan tim di klasemen ketika ada dua tim atau lebih memilki poin yang sama.

Indonesia dan Thailand pun pernah memiliki pengalaman menyingkirkan Vietnam di ajang SEA Games, tepatnya pada 2017. Saat itu setelah melalui empat pertandingan atau menyisakan satu laga lagi di fase grup, Vietnam duduk di puncak dengan koleksi 10 angka. Disusul Thailand di tempat kedua dengan perolehan poin yang sama, dan Indonesia di tangga ketiga dengan delapan poin.

Saat itu, Thailand dan Vietnam wajib saling mengalahkan jika ingin lolos ke semifinal. Sebab, jika mereka mengincar hasil imbang, Thailand yang akan tersingkir, andaikan di laga lain Indonesia menang supertelak atas Kamboja.

Akan tetapi, pada akhirnya Thailand menang 3-0 atas Vietnam, dan di pertandingan lain Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. Alhasil, Thailand keluar sebagai juara grup dengan koleksi 13 angka, disusul Indonesia (11) dan Vietnam (10). Thailand dan Indonesia pun menjadi wakil Grup B untuk lolos ke semifinal SEA Games 2017.

Bukan tak mungkin, kejadian dua tahun lalu kembali terulang di SEA Games 2019. Karena itu, menarik menanti hasil akhir laga Vietnam vs Thailand dan Indonesia kontra Laos di matchday terakhir Grup B SEA Games 2019. (*)

BERITA REKOMENDASI