Timnas Sudah Tembus 6 Besar Asia Tenggara, Berani Naik Lagi Coach Shin Tae Yong?

TIMNAS Indonesia peringkat 6 di Asia Tenggara saat ini berdasarkan ranking FIFA Februari 2022. Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Indonesia melesat ke posisi 4 Asia Tenggara di akhir 2022?

Menurut laman Footy Ranking, Timnas Indonesia menempati posisi 160 ranking FIFA edisi Februari 2022. Jika dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lain, Timnas Indonesia berada di posisi enam.

Saat ini, posisi teratas ditempati Vietnam yang menempati peringkat 98 dunia, Thailand (112), Filipina (129), Myanmar (152) dan Malaysia (153) dan Timnas Indonesia (160). Kemudian di bawah Timnas Indonesia ada Singapura (161), Kamboja (170), Laos (187), Brunei (188) dan Timor Leste (198).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menargetkan Timnas Indonesia menduduki posisi 150 ranking FIFA akhir tahun ini. Demi merealisasikan target itu, Timnas Indonesia bakal melakoni sejumlah laga bergengsi tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, tim-tim kuat seperti Kroasia dan Uzbekistan coba diundang PSSI. Sekadar diketahui, Kroasia merupakan runner-up Piala Dunia 2018 yang kini menempati peringkat 15 dunia.

“Kemudian FIFA Matchday, kita sudah bersurat ke Kroasia, Tajikistan dan Uzbekistan. Ranking FIFA mereka sangat tinggi. Jika kami bisa mendapatkan hasil baik, tentunya bakal mendongkrak posisi kami,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers pascalaga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

“Setahun ini sudah kami atur, sudah ada programnya. Minimal kita menduduki peringkat 150 FIFA, jadi kita mencari lawan yang peringkatnya jauh di atas kita,” lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Jika finis di posisi 150 pada akhir tahun ini, dan posisi Malaysia dan Myanmar tak beranjak, Timnas Indonesia bakal menempati posisi empat di Asia Tenggara. Bahkan jika melihat calon lawan Timnas Indonesia, peluang skuad Garuda mendapatkan posisi yang lebih baik terbuka lebar.

Sebab, selain bersua Kroasia, Tajikistan dan Uzbekistan, Timnas Indonesia berpotensi menghadapi tim-tim yang secara peringkat di atas mereka pada babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022.

Otomatis jika memenangkan pertandingan, peringkat Timnas Indonesia bakal melesat drastis. Potensi skuad Garuda memenangkan laga terbuka lebar karena pada Kualifikasi Piala Asia 2023, mereka berpotensi diperkuat empat pemain keturunan yakni Ragnar Oratmangoen, Mees Hilgers, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

BERITA REKOMENDASI