Timnas U-19 Fokus Benahi Taktik Bermain

SLEMAN (KRjogja.com) – Timnas U-19 Indonesia Rabu (31/8/2016) sore kembali berlatih di lapangan UNY. Kali ini menu latihan game menjadi pilihan Eduard Tjong untuk memantapkan taktik anak asuhnya jelang Piala AFF pertengahan September 2016 nanti.

Dimas Drajat dan kawan-kawan langsung dibagi menjadi dua tim yakni tim hijau dan orange usai pemanasan. Mereka menjalani game dua babak dengan skema 4-1-4-1 andalan Eduard Tjong di kedua kubu.

Tim pelatih sendiri tampak membiarkan para pemain untuk leluasa bermain sepanjang game babak pertama dengan Edu hanya sesekali berteriak dari tribun saat ada pemain yang melakukan kesalahan. Permainan pun tampak sedikit "semrawut" lantaran tak ada arahan detail dari sang arsitek.

Barulah saat jeda, Edu memberikan pemahaman kembali tentang cara bermain dan permainan sedikit berkembang. Satu gol bahkan tercipta dari tim hijau melalui kaki Asnawi.

Ditemui usai latihan, Edu mengatakan bahwa tim pelatih sengaja memberikan porsi game layaknya pertandingan sebenarnya pada anak-anak U-19. Menurut dia, saat ini tim sudah fokus membenahi taktik bermain untuk persiapan ke Piala AFF di Hanoi Vietnam.

"Kita latih taktik bermain dengan cara game seperti sore ini, kami mau lihat anak-anak bermain menerapkan strategi dan memang masih sering lupa terlihat seperti di game babak pertama tadi. Saya harus turun dan ingatkan mereka, baru permainan berubah," ungkapnya.

Edu menyebut saat ini timnya telah mencapai 80 persen tahap persiapan sebelum bertolak ke Vietnam. Porsi latihan pun telah diubah 70 persen taktik dan 30 persen pengkondisian fisik pemain.

"Tes fisik sudah selesai, semua pemain mengalami kenaikan baik agility, vo2 max dan speed. Sekarang kita fokus ke taktik bermain, Jumat (2/9/2016) kita akan game lagi kondisikan seperti saat bermain di AFF satu hari jeda," lanjut mantan pemain Arseto Solo ini. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI