Timnas U-19 Hajar Persikama Magelang

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG (KRjogja.com) – Timnas U-19 yang tengah dipersiapkan untuk Piala AFF di Vietnam 11 – 24 September 2016 mendatang, berhasil mengalahkan tuan rumah Persikama Magelang 4 – 0. Empat gol pada laga persahabatan yang digelar di Stadion Kabupaten Magelang Rabu (24/08/2016), diciptakan oleh Dimas Drajat menit 43, Abdul Haris (56), Sadil Ramdani (59) dan pinalti M Alfi Slamat (78).

Pada awal babak pertama, anak asuh Eduard Tjong nampak bermain grogi, meski demikian para garuda muda ini tetap mendominasi permainan. Gol Timnas baru tercipta menit 43 oleh Dimas Drajat hasil kerjasama dengan Sadil Ramdani. Kedudukan 0-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Eduard Tjong melakukan sejumlah pergantian pemain, bahkan tercatat ia mengganti hampir seluruhnya. Walau telah melakukan pergantian pemain namun pola permainan tak berubah dan bombardir ke pertahanan tuan rumah terus dilakukan.

Setelah beberapa kali menciptakan peluang akhirnya gol kedua Timnas tercipta dicetak oleh Abdul Haris menit 56. Tiga menit berselang, Timnas menambah keunggulan melalui tendangan Sadil Ramdani menit 59.

Tuan rumah sendiri bukan tanpa peluang, beberapa kali anak asuh Sukardiyono yang akrab dipanggil Goodres itu sempat merepotkan pertahanan Timnas. Salah satunya tendangan Anwar Rohman yang tipis diatas mistar menit 63. Begitu pula tendangan Sumaryanto ‘Gambir’ yang masih lemah sehingga dapat diamankan penjaga gawang Timnas yang dikawal M Riyadi.

Asyik menyerang, gawang Persikama juga kembali jebol. Kali ini melalui eksekusi tendangan pinalti M Alfi (78) setelah sebelumnya Nevy Alexander dilanggar di kotak terlarang Persikama. Skor 0 – 4 pun berakhir hingga laga usai.

Pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong usai laga mengaku, kurang puas melihat permainan anak asuhnya terutama pada babak pertama. “Terlihat sekali, babak pertama anak-anak demam panggung, akibatnya banyak kesalahan-kesalahan mendasar. Baru pada akhir-akhir babak pertama mereka keluar dari tekanan, puncaknya pada babak kedua dengan tiga gol yang mereka ciptakan,” katanya.

Ia juga memberi catatan soal mental pertanding yang lagi-lagi masih menjadi kendala. Selain itu soal penyelesaian akhir juga merupakan kekurangan yang bakal dijadikan bahan evaluasi mendatang.

“Untuk mental kami akan perbaiki dalam beberapa hari ini, kami akan hadirkan psikolog. Untuk penyelesaian akhir, akan terus kami asah. Namun ujian sesungguhnya, baru akan dihadapi anak-anak jumat besok melawan PSIM,” ungkapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI