TNI AL Tumbangkan Alko

Editor: Ivan Aditya

TANGERANG, KRJOGJA.com – Mantan juara Alko Bandung harus mengakui kehebatan tim putri TNI AL pada pertandingan pertama kompetisi bola voli PGN Livoli Divisi Utama 2017 di GOR Dimyati, Kota Tangerang, Sabtu (02/12/2017). Juara Livoli 2015 tersebut menyerah di tangan TNI AL dalam pertarungan lima set, 2-3 (24-26, 19-25, 27-25, 25-22, 13-15).

Padahal, Alko mempunyai beberapa pemain terbaik di tanah air, seperti Aprilia Manganang, Wilda Sugandi, Dian Wijayanti dan Yolla Yuliana.  Di pihak lawan, mereka mengandalkan pengumpan kawakan, Gunarti Indahyani.

Pemain berumur 32 tahun ini sebenarnya sudah lama tidak bermain, karena baru lima bulan yang lalu melahirkan anak keduanya. Mantan pemain timnas ini menjadi pemimpin bagi rekan-rekannya, yang masih muda-muda.

TNI AL banyak mendulang poin dari smes yang dilancarkan Panggih Nugrahaeni dan Putri Lestari.  “Dia (Indah) menang pengalaman karena pemain senior. Namun, dari fisiknya, dia harus memperbaikinya,” kata pelatih TNI AL, Pascal Wilmar.

Menurut Pascal, pemainnya penuh semangat dan bermain tanpa beban, karena yang dihadapi adalah tim tangguh yang bermaterikan pemain-pemain terbaik Indonesia. “Set ketiga tadi, ketika sudah memimpin, anak-anak terlalu percaya diri. Akibatnya, set ini lepas. Set keempat belum bisa lepas, terpengaruh set keempat. Baru set kelima, anak-anak tampil percaya diri lagi,” kata mantan pemain tim nasional ini.

Dalam pertandingan tersebut, Aprilia, yang menjadi pemain terbaik di dua kali Proliga terakhir, tidak dapat bermain penuh karena mengalami cedera betis meskipun tidak parah. “Saya baru bergabung dengan tim selama seminggu terakhir, itu pun berlatih ringan. Saya baru memegang bola tadi pagi,” kata pemain kelahiran Sulawesi Utara ini.

Tanpa Aprilia bermain penuh, tentu saja mengurangi daya gedor tim asal Bandung tersebut. Aprilia hanya bermain penuh selama set pertama. Set kedua dia hanya berlaga sebentar. Setelah itu, dia duduk di bangku cadangan, dan baru dimainkan lagi ketika skor 9-11 di set kelima. “Jelas, tanpa Aprilia, kekuatan kami berkurang. Semoga dia semakin baik,” kata pelatih Alko, M. Zoelni Hilnanda.

Di pertandingan putra, tim Surabaya Samator mengalahkan Mabes TNI 3-0(25-12, 25-13, 25-19). Kedua tim tergabung di Grup B. (Sim)

BERITA REKOMENDASI