Tugas Berat Shin Tae Yong Benahi Fisik Pemain Timnas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Masalah kebugaran fisik para pemain Timnas Indonesia U-19 dinilai pengamat justru menjadi tugas berat Shin Tae Yong. Mantan pemain Timnas Indonesia sekaligus pengamat sepak bola Supriyono menilai wajar jika Shin Tae Yong fokus lebih dahulu untuk mendongkrak stamina para pemain.

"Justru itu, [pemusatan latihan dan uji coba di luar negeri] ini tahapan yang harus dilakukan sebelum membentuk tim yang solid. Setelah uji coba dan pemusatan latihan di luar negeri ini selesai, baru mulai dibenahi permasalahan itu. Kalau latihan di Indonesia saja dan uji coba dengan klub lokal ya percuma," terangnya.

Permasalahan fisik pemain ini juga merupakan permasalahan mendasar, bahkan sejak pembinaan usia muda di Indonesia. "Efeknya tidak hanya kapasitas kesanggupan pemain untuk main di 45 menit, tapi banyak hal lain. Saya berharap setelah program ini semua pemain akan jadi lebih baik dan lebih siap," tambahnya.

Shin Tae Yong sendiri pernah mengeluhkan kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia U-19 yang tidak sesuai perkiraannya. "Fisik menjadi masalah terbesar. Kemampuan mereka memang lebih bagus dari perkiraan saya, tetapi kondisi fisik mereka lebih buruk dari prediksi," ujar Tae Yong saat masih memantau seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti. (*)

BERITA REKOMENDASI