Van De Beek Lega Gabung Man United

Editor: KRjogja/Gus

AMSTERDAM, KRJOGJA.com – Donny van de Beek akhirnya resmi berlabuh di Manchester United. Pemain berkebangsaan Belanda itu hengkang dari Ajax Amsterdam dengan banderol senilai 39 juta Euro (setara Rp683 miliar) plus 5 juta Euro (setara Rp87,6 miliar) sebagai add-ons.

Bergabungnya Donny van Beek ke Man United tidak terlepas dari kekecewaan di masa lalu. Sang agen, Sjaak Swart, mengklaim kliennya itu nyaris bergabung dengan Real Madrid. Bahkan, kesepakatan sudah terjalin antara Ajax Amsterdam dan Los Blancos pada Maret 2020.

Sayangnya, kesepakatan itu gagal terwujud di atas kertas. Sjaak Swart sendiri menyebut pandemi Covid-19 menjadi penyebabnya. Pendapat berbeda disampaikan oleh Donny van de Beek. Kepada surat kabar Belanda, De Telegraaf, ia mengungkapkan rasa kecewa

“Seperti yang Anda tahu, saya sudah memiliki kesepakatan dengan Real Madrid dan kedua klub sudah sepakat. Namun, untuk satu alasan dan lainnya, kesepakatan itu tidak pernah terwujud di atas kertas,” papar Donny van de Beek, dikutip dari Goal, Kamis (3/9/2020).

“Pemain yang seharusnya pergi, memutuskan untuk bertahan, dan Real Madrid pergi begitu saja. Tentu saja, saya kecewa dan bertanya-tanya apakah kesempatan untuk bergabung dengan klub raksasa akan datang lagi,” imbuh pemain berusia 23 tahun tersebut.

Kelegaaan akhirnya dirasakan oleh Donny van de Beek. Man United menunjukkan niat serius untuk mendatangkannya ke Stadion Old Trafford. Uang tunai digelontorkan sekaligus menjadikan pemain kelahiran Nijkerkerveen itu sebagai rekrutan pertama pada musim panas 2020.

“Anda tidak tahu betapa leganya saya kesepakatan ini akhirnya selesai. Ya Tuhan, Man United adalah mimpi. Mereka adalah klub yang fantastis di sebuah kompetisi paling kuat di seluruh dunia. Saya tidak perlu berpikir panjang ketika kesempatan itu datang,” lanjut Donny van de Beek.

“Tujuan saya setelah bergabung dengan klub indah dan muda ini adalah untuk membantu mereka kembali ke tempat yang seharusnya dan memenangi trofi. Saya berharap dapat mengikuti jejak (Edwin) van der Sar dan (Robin) van Persie,” tutup pemain bertinggi badan 184 sentimeter (cm) itu.

Kedatangan Donny van de Beek akan memperkaya pilihan Ole Gunnar Solskjaer di lini tengah. Ia bisa dengan leluasa meramu strategi untuk menaklukkan lawan. Entah jadi pelapis atau starter, De Beek sangat berguna buat timnya.

Catatan 41 gol dan 35 assist dari 175 penampilan bersama Ajax Amsterdam sejak 2015 sudah cukup menjadi bukti. Belum lagi, ia punya pengalaman bermain di kompetisi sekelas Liga Champions dengan mencetak tiga gol dari 12 kali tampil.

BERITA REKOMENDASI