Vietnam Gunduli Timnas Indonesia 4-0, Netizen Saling Sindir

KEKALAHAN telak 0-4 yang diterima Tim Nasional (Timnas) Indonesia dari Vietnam menimbulkan efek beragam di media sosial. Ada netizen yang memberi dukungan, namun ada juga yang mengeluarkan sindiran kepada Timnas Indonesia.

Salah satunya netizen dengan akun @k*t*kle*b*p. Ia menulis, siapa pun pelatih Timnas Indonesia akan kesulitan menukangi Evan Dimas dan kawan-kawan. Bahkan, pelatih Chelsea Thomas Tuchel sekalipun diprediksi kesulitan meningkatkan performa skuad Garuda.
“Mau pelatih Shin Tae-yong, mau pelatih Madrid , pelatih Man Utd, pelatih Chelsea, yang pelatih dunia sekalipun tak bisa bisa latih pemain Timnas yang kalau umpan aja asal-asalan,” tulis akun tersebut.

Namun, akun @K*lvinM*_WW* memberi pandangan lain. Ia menilai Timnas Indonesia sudah memberikan yang terbaik di laga kontra Vietnam.

“Timnas Indonesia sudah memberikan yang terbaik. Vietnam merupakan tim kuat. Jadikan kekalahan ini motivasi besar untuk bergerak maju dan jangan pernah menyerah. Indonesia Jaya!,” tulis akun di atas.

Dalam laga ini, Timnas Indonesia diserang habis-habisan olah Vietnam. Benar, skuad asuhan Shin Tae-yong sanggup menahan Vietnam 0-0 hingga menit 50. Namun, setelah sepakan kaki kanan Nguyen Tien Linh merobek gawang Nadeo Argawinata pada menit 51, konsentrasi pemain-pemain Timnas Indonesia buyar.

Akibatnya, Timnas Vietnam mencetak tiga gol tambahan via aksi Nguyen Quang Hai (62)’, Nguyen Cong Phuong (67′), dan Vu Van Thanh (74’). Alhasil, kekalahan telak 0-4 dialami Timnas Indonesia dari Vietnam.

Meski begitu, masih ada waktu bagi Timnas Indonesia untuk berbenah. Terlebih, mayoritas pemain Timnas Indonesia bermaterikan pemain muda, sehingga motivasi mereka diyakini masih tinggi.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Timnas Indonesia yang sudah dipastikan finis sebagai juru kunci Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski begitu, bukan berarti Timnas Indonesia tidak membidik kemenangan di laga terakhir kontra UEA pada Jumat 11 Juni 2021.

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan atas UEA. Selain demi memperbaiki posisi di rangking FIFA, juga untuk meningkatkan kepercayaan diri Evan Dimas dan kawan-kawan saat turun di playoff babak Kualifikasi III Piala Asia 2023 pada September 2021.

BERITA REKOMENDASI