Walau Kaya Raya, PSG Tak Akan Mampu Beli Messi

PARIS, KRJOGJA.com – Paris Saint-Germain (PSG) adalah salah satu klub yang mengantre untuk mendapatkan tanda tangan kapten Barcelona, Lionel Messi. Akan tetapi, tidak akan mudah untuk mendapatkan Messi karena Barcelona memasang harga tinggi untuk pemain andalannya tersebut.

Mengacu pada klausul pelepasan La Pulga –julukan Messi, maka setiap klub yang mau mendatangkan Messi harus membayar 700 juta euro (sekira Rp12,1 triliun) kepada Barcelona. L’Equipe melaporkan bahwa PSG yang kaya raya pun tidak akan sanggup untuk membayar mahar Messi.

Selain terkendala harga jual, PSG juga bermasalah dengan gaji besar pemain berpaspor Argentina itu. Messi kini menerima gaji 64 juta poundsterling (sekira Rp1,2 triliun) per tahun dari Barcelona.

PSG harus membayar hampir 110 juta pounds (sekira Rp2,1 triiun) kepada Messi dengan bonus dan klausul lain yang ditambahkan ke dalam gajinya. Itu di luar kemampuan Les Parisiens –julukan PSG– sekarang yang masih harus membayar gaji mahal dari kedua bintangnya, Neymar Jr dan Kylian Mbappe.

PSG mungkin terjerat kasus FFP (Financial Fair Play) lagi jika memaksakan diri untuk membeli Messi sekarang. Les Parisiens harus berpikir dua kali sebelum begerak mendekati Messi.

Namun, keadaan bisa berubah jika Messi dilepas Barcelona secara gratis pada bursa transfer musim panas 2020. Itu bisa terjadi karena dalam kontrak Messi ada klausul khusus yang membuatnya bisa pergi dari Barcelona secara gratis pada setiap akhir musim.

Messi pun ingin pergi dengan memanfaatkan klausul tersebut. Akan tetapi, Barcelona menilai klausul itu telah kedaluwarsa pada Juni silam sehingga setiap klub yang ingin Messi harus membayar 700 juta euro.

Pandemi virus corona (Covid-19) membuat pandangan Messi dan Barcelona terhadap klausul tersebut berbeda. Messi mengira klausul itu masih bisa digunakan karena akhir musim ini mundur daripada tahun-tahun sebelumnya sedangkan Barcelona berpatokan pada apa yang tertera dalam kontrak.

Hingga sekarang, Messi dan Barcelona masih berpegang teguh pada pendapatnya masing-masing. Akan tetapi, PSG dapat tersenyum lebar jika nantinya Messi bisa pergi secara gratis pada musim panas ini.

PSG dapat maju untuk merekrut Messi. Akan tetapi, Les Parisiens bukan satu-satunya klub yang mengincar Messi. Ada Manchester City, Manchester United, dan Inter Milan yang siap bersaing dengan PSG dalam perburuan La Pulga.

BERITA REKOMENDASI