Wenger Tinggalkan Arsenal dengan Kesedihan

Editor: KRjogja/Gus

ARSENE Wenger gagal memberikan kado perpisahan, yakni meraih trofi di musim terakhirnya menangani Arsenal. Kepastian itu didapat setelah The Gunners –julukan Arsenal– disingkirkan Atletico Madrid di semifinal Liga Eropa 2017-2018. Setelah melalui dua pertandingan, Arsenal kalah agregat 1-2 dari Los Colchoneros –julukan Atletico.

Sebelumnya, The Professor –julukan Wenger– bertekad memberikan trofi Liga Eropa di musim terakhirnya membesut Arsenal. Trofi Liga Eropa menjadi penting bagi Mesut Ozil dan kawan-kawan agar mereka dapat tampil di Liga Champions 2018-2019.

Sebab mengharapkan lolos dari jalur Liga Inggris, sudah tidak memungkinkan bagi Arsenal. Hingga memainkan 35 pertandingan di Liga Inggris 2017-2018, Arsenal tertahan dengan koleksi 57 angka. Saat ini, Arsenal terpaut 14 angka dari Tottenham Hotspur yang menghuni posisi empat, atau batas akhir klub yang lolos otomatis ke Fase Grup Liga Champions 2018-2019.

Karena itu, andai pun Arsenal memenangi tiga laga tersisa, mereka hanya mengemas 66 poin dan sudah tak mungkin mengejar perolehan The Lilywhites –julukan Tottenham. Selain itu di dua ajang lain yakni Piala FA dan Piala Liga Inggris, London Merah juga gagal menjadi yang terbaik.

Di Piala FA, Arsenal sudah tersingkir di babak ketiga. Secara mengejutkan, Arsenal yang diunggulkan justru takluk 2-4 dari klub Divisi Championship, Nottingham Forrest. Hasil lebih baik diraih Arsenal di ajang Piala Liga Inggris. Klub yang sempat bermarkas di Stadion Highbury itu melaju ke partai puncak setelah di semifinal mengalahkan kampiun Liga Inggris musim lalu, Chelsea.

Akan tetapi pada final yang dilangsungkan di Stadion Wembley, Arsenal mengalami hasil buruk. Menghadapi Manchester City, Arsenal takluk 0-3. Karena itu, Wenger gagal memberikan satu pun trofi bagi publik Emirates di musim terakhirnya.

Sedikit membahas kiprah Wenger bersama Arsenal. Ia ditunjuk sebagai pelatih Arsenal pada 1 Oktober 1996. Sejak saat itu, Wenger sudah memimpin Arsenal di 1199 pertandingan dengan raihan 694 kemenangan, 261 imbang dan 244 kalah.

Sementara itu, jumlah trofi yang diberikan Wenger kepada Arsenal ialah 17 gelar. Dengan perincian, masing-masing tujuh gelar Piala FA dan Community Shield, serta tiga trofi Liga Inggris. Sejauh ini, belum diketahui ke manakah Wenger akan berlabuh pada musim depan. (*)

BERITA REKOMENDASI