Wow.. Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia.

Cristiano Ronaldo didaulat menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia. Kekayaan pemain andalan Juventus ini mencapai USD 450 juta atau Ro 6,3 triliun (USD 1 = Rp 14.112).

Dilaporkan Money.com, Ronaldo mengumpulkan kekayaannya lewat aksi di luar lapangan. Sebut saja endorsement seperti dari Nike, Herbalif, EA Sports, dan American Tourister.

Pria berusia 33 tahun ini memulai pula bisnisnya sendiri, mulai dari sepatu, celana dalam, pewangi, hingga hotel, gym, dan restoran.

Setelaha nama Cristiano Ronaldo, muncul nama David Beckham sebagai pemain sepak bola terkaya nomor dua dengan harta USD 450 juta (Rp 6,3 triliun). Kekayaan Beckham berasal dari endorsement merek ternama seperti rumah fashion Calvin Klein, Adidas, dan Gillette.

Lionel Messi muncul di nomor berikutnya dengan harta sebesar USD 400 juta (Rp 5,6 triliun). Sama seperti Beckham, pria Argentina ini mendapat endorsement besar dari Adidas.

Kembali ke Cristiano Ronaldo, perpindahannya ke Juventus juga memberikan pengaruh finansial besar ke klub. Biaya transfernya mencapai USd 140 juta dan perpindahannya membuat jersey resmi Juventusnya ludes terjual.

Pada tahun 2009, ia sempat menjadi pemain termahal dalam sejarah ketika Real Madrid membayar USD 132 juta demi mendapatkannya dari Manchester United. Kini, gajinya di Juventus mencapai USD 35,9 (Rp 506 miliar) juta per musim.(*)

BERITA REKOMENDASI