DIY Bantah Ofisialnya Kabur dari Isolasi Covid-19

JAYAPURA, KRJOGJA.com – Kontingen DIY membantah secara tegas statmen mengenai adanya salah satu ofisialnya yang dinyatakan positif Covid-19 namun kabur dari tempat isolasi. Bantahan ini menanggapi pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 11 Oktober 2021.

“Kami tidak pernah meloloskan dan mengizinkanatlet atau ofisial kami yang terpapar covid-19 untuk lari dari tanah Papua. Terbukti, 2 atlet kami dari cabor balap motor di Merauke tetap menjalani isolasi setelah dinyatakan terpapar covid-19 setelah menjalani tes PCR,” ujar Ketua Kontingen PON DIY, Dr H Rumpis Agus Sudarko MS kepada wartawan di Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10/2021).

Setelah menjalani isolasi selama 5 hari, kedua atlet balap motor tersebut kembali menjalani tes PCR dengan hasil negatif. “Mereka ini jadwal kepulangan tanggal 8, dan tes PCR tanggal 7 Oktober dengan hasil positif dan akhirnya tidak jadi terbang. Mereka kemudian masuk isolasi dan kemarin tes PCR lagi, hasilnya negatif dan hari ini (kemarin) mereka pulang ke DIY,” jelasnya.

Terkait kasus yang disamapaikan Menkes dimana ada ofisial DIY yang melarikan diri saat menjalani isolasi, Rumpis menjelaskan, hal tersebut tidak pernah terjadi. Dijelaskannya, kasus yang dipaparkan Menkes tersebut adalah kasus kepulangan tim sepatu roda DIY dengan jadwal penerbangan tanggal 5 Oktober dan menjalani tes PCR sebagai syarat penerbangan pada tanggal 4 Oktober.

BERITA REKOMENDASI