Net

13 Klub Siap Bertarung di Blibli.Com Superliga Junior 2018

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekitar 13 klub bulutangkis nasional dan internasional akan berlaga pada kejuaraan bukutangkis beregu Blibli. Com Superliga Junior 2018 yabg akan digelar 16-21 Oktober di GOR Djarum, Magelang.

Menurut Achmad Budiarto, Direktur Superliga, kejuaraan ini akan memperebutkan empat piala bergengsi dari dua katagori usia. "Seperti tahun sebelumnya,  Blibli. Com Superliga Junior menggunakan format beregu Thomas -Uber di dua katagori usia,  U 17 dan U19. sistem ini akan mempertandingkan lima partai,  terdiri dari tiga tunggal dan  dua ganda. Pada katagori U19 piala yang diperebutkan adalah Liem Swie King untuk putera dan Piala Susy Susanti untuk U19 puteri," kata Achmad Budiarto kepada wartawan di Jakarta.  Senin (1/10).

Dijelaskan pula ada perubahan nama piala di U17, bila tahun sebelumnta piala yang diperebutkan adalah piala Superliga Junior,  tahun ini penyelenggara mengabadikan nama Haryanto Arbi untuk piala U17 putera dan Yuni Kartika untuk U 17 puteri.

Pemilihan dua nama legenda bulutangkis tersebur, kata Achmad Budiarto,  tidak lepas dari dedikasi Haryanto Arbi dan Yuni Kartika dalam mengharumkan nama bangsa melalui prestasi bulutangkis dia tingkat dunia. Yuni Kartika pernah menjadi juara dunia junior Piala Bimantara 1991 hingga di tingkat senior mampu meraih piala Uber 1994.

Sementara Haryanto Arbi setelah meraih juara dunia junior Piala Bimantara  1989, juga ikut membawa tim bulutangkis meraih piala Thomas, 1994, 1996, 1998 dan 2000.

Menurut Achmad Budiarto,  dengan diselenggarakannya kejuaraan bulutangis Blibli.Com Superliga 2018 akan menjadi ajang ubtuk mengasah kemampuan parabprbulutangiis muda sebelum masuk level senior. "Superliga junior dapat dijadikan ajang ujicoba bagi atlet untuk bertanding secara beregu.  Diharapkan nantinya para atlet  sudah terbiasa bertanding secara beregu yang membutuhkan mental yang kuat, kekompakan,  kerjasama dan solidutas," ujar Achmad.

Diakuinya untuk menambah bobot pertandingan, klub yang tampil bukan hanya tingkat nasional tapu juga internasional dwngan melibatkab pemain bulutangkis muda dari asia. Di kategori U19 klub akan menurunkan atlet muda terbaik, seperti Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya. FIFA Sidoarjo,  Keelung School (Cina Taipei), Granular (Thailand)  dab Badminton Association of India (India).

Sedangkan untuk U17, terdapat delapan klub yang akan bertanding, yaitu PV. Djarum, Mutiara Kardinal,  Exist Badminton Club, Jaya Raya, Sarwendah badminton Club, Daihatsu Candra Wijaya Badminton Club, SGS PLN dan Suryanaga.

Untuk juara dimasing katagori tersebut selain mendapat hadiah piala, juga uang tunai. U19 yang memperebukan piala Liem Swie King dan Susy Susanti, juga mendapat uang Rp 100 juta untuk juara 1, Rp 50 juta untuk runnerup dan Rp 25 juta juara III. Sedangkan U17 yang memperebutkan piala Haryanto Arbi dan Yuni Kartika, juga mendapat hadiah uang Rp 50 juta untuk juara,  Rp 25 juta ( Runner up) dan Rp 15 juta (juara III). (sim)

 

 

BERITA REKOMENDASI