Net

200 Lebih Atlet Tampil di Liga PB Djarum 2020

KUDUS, KRJOGJA.com – Sebanyak 200 lebih atlet bulutangkis binaan klub Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum tampil dalam Liga PB Djarum 2020, yang berlangsung sejak senin (6/7) kemarin di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah. Mereka mengikuti kejuaraan yang terbagi dalam 17 kategori.

Menurut kepala pelatih PB Djarum, Fung Permadi, hampir semua atlet PB Djarum ikut dalam turnamen internal tersebut. Salah satu alasannya, karena sudah lama anak asuhnya itu tidak mengikuti turnamen akibat pandemi Covid 19.

“Tujuannya yaitu untuk mengembalikan feeling dan mengasah kemampuan. Supaya mereka juga merasakan atmosfir turnamen. Sehingga jika kejuaraan resmi kembali di pertandingkan lagi, mereka sudah terbiasa. Jadi intinya hampir 90 persen atlet PB Djarum ikut berpartisipasi di Liga ini,” Jelasnya.

Pelaksanaan kejuaraan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan tanpa penonton itu, mencakup pertandingan tunggal dan ganda, putra dan putri. Meliputi tunggal usia dini putra dan putri (U11) dengan tunggal anak-anak pemula putra (U13), tunggal pemula putra dan putri (U15), tunggal remaja putra dan putri (U17), ganda pemula putra dan putri (U15), ganda campuran pemula (U15).

Lalu kategori ganda pemula putra (U15) dengan ganda remaja putra (U17), ganda remaja campuran (U17), tunggal taruna putra (U19) dengan tunggal dewasa putra, tunggal taruna putri (U19) dengan tunggal dewasa putri. Untuk kategori ganda remaja putra (U17) dengan ganda taruna putra (U19) dan ganda dewasa putra. Sedangkan ganda remaja putri (U17) dengan ganda taruna Putri (U19) dan ganda dewasa putri, serta ganda taruna campuran (U19) dengan ganda dewasa campuran.

Menurut Fung Permadi, kalau di suatu kelompok umur misalkan jumlah peserta terlalu sedikit, jadi kita naikkan dengan kelompok usia yang lebih diatasnya.”Kita juga memberikan sistem voor angka atau penambahan angka jika berjumpa dengan kelompok umur yang lebih tinggi. Itu juga berdasarkan diskusi dengan para pelatih, agar kelompok umur yang lebih tinggi dapat merasakan tingkat kesulitannya,” papar Fung Permadi.

Mutiara Menang Penyisihan Dua Kategori

Sementara itu, Pebulu tangkis tunggal putri lulusan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2016 Mutiara Ayu Puspita, meraih dua kemenangan penyisihan tunggal remaja putri (U17) dan tunggal taruna putri dengan tunggal dewasa Liga PB Djarum 2020. Mutiara yang sebenarnya masih bisa bermain di sektor tunggal putri (U15), dipercaya naik tingkat untuk turun di dua sektor berbeda tersebut.

Pada laga penyisihan grup B tunggal remaja putri (U17) bertempat di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (6/7), Mutiara mengalahkan Raden Roro Widya Aninditya. Memperoleh kemenangan setelah duel tiga game dengan skor 21-6, 15-21 dan 21-16.

“Karena lawan levelnya lebih di atas jadi mainnya lepas saja. Memang kalau bicara target pastinya mau jadi juara, tetapi mau kasih yang terbaik saja dulu. Sebelumnya juga di tahun 2019 lalu sudah pernah turun di level atas, jadi sudah terbiasa,” papar pebulutangkis kelahiran Ngawi 2006.

Sementara, pada babak penyisihan grup A sektor tunggal taruna putri dengan tunggal dewasa, Mutiara memastikan kemenangannya atas Mutia Dita Ainul Baroroh, juga usai bertarung tiga game 20-22, 21-14 dan 21-18.

“Kita sudah pernah jumpa, tetapi kali ini mainnya kurang puas karena banyak mati-mati sendiri dan belum lepas. Seharusnya bisa lebih bagus lagi mainnya. Tadi game dua lepas karena fokusnya hilang, jadi banyak buang-buang bola. Kunci kemenangan tadi mau lebih tenang saja dan bisa kontrol emosi,” ungkap Mutiara. (Cry)

BERITA REKOMENDASI