Net

Alasan Yogya Dipilih Jadi Tuan Rumah WJC 2017

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Yogyakarta mendapat kehormatan menjadi tuan rumah gelaran kejuaraan bulutangkis junior Blibli.com Yonex Sunrise World Junior Championship (WJC) 2017 di GOR Amongraga pada 9-22 Oktober 2017. Pemain-pemain top dunia dari 64 negara berpartisipasi dalam kejuaraan junior tertinggi di dunia.

Namun, untuk menjadi tuan rumah ternyata tidak semudah yang diketahui pada akhirnya. Indonesia terlebih dahulu mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh induk organisasi bulutangkis dunia Badminton World Federation (BWF).

Achmad Budiharto, Ketua Panitia Penyelenggara WJC dalam  konferensi pers Minggu (08/10/2017) mengungkap sengaja mengajukan Yogyakarta sebagai kota penyelenggara kejuaraan. Predikat sebagai kota pendidikan dengan budaya yang sangat kuat serta adanya venue menunjang menjadi alasan dipilihnya Yogyakarta sebagai kota yang diajukan tim Indonesia.

“Jogja ini dikenal juga sebagai Indonesia mini, punya kultur kuat tapi semua suku di Indonesia ada di sini. Hal inilah yang membuat Indonesia memenangkan proses biding hingga akhirnya terselenggaralah sebuah kejuaraan dunia junior yang terakhir singgah di Indonesia 25 tahun lalu,” ungkapnya.

Koesdarto Pramono, Wakil Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua Pengda PBSI DIY menambahkan iklim bulutangkis di Yogyakarta sebenarnya sudah berjalan dengan cukup baik. Meski demikian, ia berharap adanya kejuaraan dunia junior bisa semakin membuat masyarakat mencintai olahraga bulutangkis.

“Kami sangat bangga bisa menyelenggarakan kejuaraan dunia junior ini. Harapannya, DIY bisa jadi penegas bahwa Indonesia merupakan negara bulutangkis dan di sisi lain anak-anak muda di Yogyakarta dan nasional bisa terangsang menekuni olahraga ini dan tentu saja negara semakin sehat,” ungkapnya.

Ada dua kategori yang dimainkan di kejuaraan dunia yakni beregu campuran dan perorangan. Kategori beregu campuran memperebutkan Piala Suhandinata yang terakhir dipegang oleh China tahun 2016 lalu. (Fxh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI