Net

Hentikan Bintang, Shaka Rheina ke Semifinal

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Unggulan 1 tunggal remaja putri Shaka Rheina (PWS Sleman) tanpa mengalami kesulitan sukses melaju ke semifinal  dalam Kejuaraan Super Badminton-Kejurda Bulutangkis PBSI DIY 2018. Berlaga di GOR Pangukan, Paten, Tridadi, Sleman, Sabtu (20/10), Shaka di babak perempatfinal  berhasil mengatasi  Bintang Istiqomah (Wiratama Jaya Yogya) dua game 21-13, 21-10. Sedangkan dua pemain unggulan tunggal anak-anak putra asal PB Ace Quality Yogya, Fajar Shidiq Putra (unggulan 10) dan Gusti Raditya Destama (unggulan 16) juga lolos ke babak perempatfinal, setelah di babak 16 Besar menundukkan lawan-lawannya. Fajar Shidiq menang atas unggulan 7 asal Jaya Raya Satria Sleman, Sakha Akmal Sugiyono dengan rubber-game 21-18, 19-21, 21-10. Sedangkan Gusti Raditya Destama sukses menekuk unggulan 6 Krisda Daniel Bagaskara (Jaya Raya Satria Sleman) juga melalui pertarungan rubber-game 18-21, 21-15, 21-15.

Permainan Shaka begitu prima, ia begitu pintar mengatur serangan maupun saat diserang lawan. Bintang Istiqomah, tampil kurang begitu  bersemangat, jarang melakukan smes-smes yang mematikan. Bahkan Bintang banyak membuat kesalahan sendiri, yang menguntung Shaka dalam merebut poin demi poin. Pada game pertama, Shaka Rheina yang ditunggui pelatih Kiswantoro terlihat mendominasi  permainan. Bola-bola yang dilepaskan Shaka beberapa kali gagal dikembalikan  Bintang Istiqomah. Perbedaan kualitas permainan, itu yang membuat  Shaka menang mudah di game pertama dengan skor 21-13. Setelah perpindahan tempat untuk memasuki game kedua,  penampilan Shaka masih di atas angin. Ia tidak membiarkan lawannya  Bintang Istiqomah untuk bangkit. Penempatan bola yang cukup sulit yang dilepas Shaka kembali jatuh di ruang kosong lawannya, sehingga Bintang kembali kedodoran saat menjangkau bola. Akibatnya, poin Shaka berjalan begitu mulus dan terus menjauh dari kejaran

Bintang Istiqomah. Pada game kedua ini, Shaka kembali menutup laga dengan skor 21-10 dalam waktu 25 menit. Menurut pengakuan umpire (wasit)

Bambang Mani Usmanto yang memimpin laga kedua pebulutangkis tersebut, permainan  Shaka lebih baik dari lawannya. Shaka pandai menempatkan bola yang sulit ditebak lawannya. "Gerakan kaki Shaka begitu lincah sehingga  mendukung permainannya. Sebaliknya Bintang Istiqomah, penampilannya kurang begitu cepat, selalu ketinggalan dalam mengejar bola lawannya," ujar Bambang.

Panitia pertandingan Darmono dan Reffree Triyadi Karyono menjelaskan, untuk hari terakhir Minggu (21/10) ini, akan dilangsungkan babak semifinal dan final selanjutnya dilakukan penobatan para juara. Untuk babak semifinal dimainkan pagi hari mulai pukul 08.00. Sedangkan final untuk beberapa kelompok umur (KU) dilangsungkan siangnya pukul 13.00 hingga selesai. (Rar)

 

BERITA REKOMENDASI