Net

Kevin Sanjaya Jadi Pebulu Tangkis Nomor 1 Dunia, Ini Rahasianya

JAKARTA (KRjogja.com) – Saat ini, pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, tengah menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, pasalnya Kevin bersama dengan pasangannya, Marcus Fernaldi Giedon, sukses memenangkan sejumlah gelar bergengsi, seperti All England dan World Superseries Final, serta mengalahkan para pebulu tangkis papan atas dunia.

Kendati begitu, nyatanya untuk bisa menjadi nomor satu dunia, Kevin melalui jalan yang tak mudah. Dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, menerangkan sewaktu masih dalam pelatihan bersama PB Djarum, Kevin selalu berjuang keras untuk bisa tampil apik hingga meraih kemenangan.

Yoppy menerangkan bahwa Kevin merupakan seorang atlet yang gigih. Pada awalnya, Kevin mengikuti audisi PB Djarum pada 2006. Namun, harus disayangkan saat itu Kevin tak lolos audisi. Kendati demikian, Kevin nyatanya tak patah semangat. Kevin yang berasal dari Banyuwangi, setelah gagal audisi 2006, ia lantas pergi ke Jember untuk menimba ilmu lebih dalam lagi. Hasilnya tak percuma, pada 2007 Kevin sukses lulus audisi beasiswa bulu tangkis PB Djarum.

Adapun Manajer Tim PB Djarum, Fung Permadi, menerangkan bahwa salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kunci sukses Kevin adalah penempatan posisinya yang baik di atas lapangan. Fung menilai bahwa meskipun Kevin bertubuh kecil, namun ia tak pernah kesulitan mengembalikan bola kepada lawan-lawannya yang berpostur lebih tinggi.

“Pada waktu pertama saya melihat Kevin, dengan postur setinggi itu, tidak terlalu tinggi tentunya, apalagi waktu masih kecil, ternyata waktu dia bermain single pun langkahnya gak pernah susah. Lawan yang lebih tinggi pun, ia mukul bola tidak pernah dalam posisi yang susah. Penilaian saya waktu itu, anak ini memiliki antisipasi yang bagus, artinya kira-kira dia sudah bisa menebak lawannya mau memukul ke mana, karena langkah-langkahnya lebih pendek (sedikit) ketimbang lawannya,” jelas Fung seperti disamapaikannya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

“Satu hal lagi yang menonjol setelah Kevin masuk ke PB Djarum, ia memiliki kegigihan yang luar biasa dan sifat tidak mau kalah. Dia dalam hal apa pun tidak mau kalah. Mungkin ada yang mengatakan seorang juara seorang yang egois luar biasa, dan itu memang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ada dalam arti negatif, tapi bagi Kevin banyak arti positifnya,” lanjut Fung. (*)

BERITA REKOMENDASI