Net

Loh Kean Yew Menangi Kejuaraan Dunia, Sosok Pelatihnya Mengejutkan!

Editor: Agus Sigit

HUELVA – Mulyo Handoyo adalah mantan pelatih Taufik Hidayat yang membantu legenda bulu tangkis Tanah Air itu mengukir banyak prestasi. Kini, tangan dingin Mulyo Handoyo membantu tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, untuk menjadi kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Sebagaimana diketahui, Loh mengunci kemenangan di final setelah menundukkan wakil India, Srikant Kidambi, dalam dua gim langsung (21-15 dan 22-20).

Pertandingan itu berlangsung di Huelva, Spanyol, Minggu 19 Desember 2021. Kemenangan Loh atas Srikanth membuatnya dinobatkan sebaga pebulu tangkis asal Singapura pertama yang menyabet gelar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Keberhasilan Loh tentu tak terlepas dari peran pelatihnya, Mulyo Handoyo. Mulyo Handoyo pernah membawa Taufik Hidayat berjaya di masa lalu. Saat itu, dia dikenal mempunyai metode dingin dalam memoles tunggal putra berjuluk ‘Si Raja Backhand’ itu.

Alhasil, sejumlah prestasi di level nasional dan internasional bisa direngkuh Taufik Hidayat yang salah satunya adalah emas Olimpiade Athena 2004. Setelah Taufik Hidayat pensiun, Mulyo Handoyo berpetualang ke India untuk melanjutkan karier kepelatihannya.

Srikath Kidambi dan Sai Praneeth pernah merasakan tangan dingin Mulyo Handoyo. Akan tetapi, pada 2018, Mulyo menangani skuad tunggal putra Tim Bulu Tangkis Singapura. Setapak demi setapak, berbagai prestasi pun dicapai oleh skuad tunggal putra Tim Bulu Tangkis Singapura.

Tangan dingin Mulyo Handoyo mampu memoles Yeo Jia Min hingga Loh. Yeo dan Loh pelan-pelan naik ke peringkat 10 besar dunia. Kini, Loh keluar sebagai kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Di masa depan, gelar bergengsi mungkin menjadi milik Yeo yang makin membuktikan tangan dingin Mulyo Handoyo sebagai pelatih.

 

BERITA REKOMENDASI