Net

Media Asing Apresiasi Fans Bulu Tangkis Indonesia

BULU tangkis jadi salah satu olahraga yang memiliki fans terbanyak setelah sepakbola, khususnya di Indonesia. Bahkan ada beberapa akun-akun di media sosial yang mengatasnamakan pencinta olahraga tepok bulu tersebut.

Tak hanya mengidolai pebulu tangkis Tanah Air, para fans di Indonesia juga dikenal sering memberikan support bagi atlet dari luar negeri. Tak jarang mereka memberikan julukan kepada para atlet yang berlaga dan tentunya telah menyumbangkan prestasi mentereng.

Yang paling terkenal adalah sebutan Minions yang melekat pada ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Bahkan julukan tersebut telah resmi dipakai oleh federasi tertinggi bulu tangkis dunia, BWF, untuk menyebut Marcus/Kevin dalam sejumlah pemberitaannya.

Sebutan nyatanya tak hanya diberikan fans di Tanah Air untuk para pebulu tangkis Indonesia. Masih lekat dalam ingatan bahwa fans sejati bulu tangkis Indonesia memberikan julukan bagi pemain ganda dari China, Chen Qingchen.

Qingchen diberikan julukan ‘Dora’ karena wajah, rambut, serta tingkah lakunya yang menyerupai salah satu karakter kartun yang berasal dari Amerika Serikat itu. Setelah mendapatkan julukan tersebut, Qingchen mengaku sangat bahagia bahkan ia meminta seluruh pencinta bulu tangkis dunia memanggilnya dengan sebutan Dora.

“Anda bisa memanggil saya Dora,” ujar Qingchen saat diwawancarai usai menjuarai Indonesia Open Superseries Premier pada 18 Juni 2017 di Jakarta.

Bahkan julukan tersebut langsung tersemat dalam biografi akun Instagram resminya, @chenqingchen0623. Kecintaan fans Indonesia terhadap perkembangan bulu tangkis dunia mendapatkan apresiasi dari salah satu media asing asal India, Sportskeeda.

Maklum saja, Sportskeeda melihat beberapa julukan yang disematkan kepada pebulu tangkis asal India. Sebagai contoh Saina Nehwal yang diberikan julukan Miss Court karena sering berjibaku untuk mengambil shuttle cock hampir di setiap sudut lapangan. (*)

BERITA REKOMENDASI