Net

Nyaris Sapu Bersih Gelar, BWF: Momota Selesaikan Musim Menakjubkan di 2019

KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tak bisa melupakan tunggal putra asal Jepang, Kento Momota yang tampil secara dominan pada musim ini. Nama Momota muncul dalam lima catatan menarik BWF selama 2019 usai memborong gelar pada tahun ini.

Pebulu tangkis berusia 25 tahun itu berhasil memecahkan rekor dalam raihan gelar juara dalam satu musim dengan 11 titel. Catatan tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Lee Chong Wei pada 2010 dengan koleksi 10 gelar.

Menariknya lagi, 11 gelar yang diraih Momota datang dari 12 final yang berhasil ia capai pada tahun ini. Satu-satunya final yang gagal dimenangkan oleh Momota adalah Indonesia Masters 2019, ketika ia takluk dari Anders Antonsen dalam pertarungan tiga set 16-21, 21-14, dan 16-21.

Meski begitu BWF, tetap menaruh kesan menarik pada Momota yang tampil fenomenal. Bahkan BWF pun telah menetapkan Momota sebagai pemain putra terbaik pada 2019 setelah dua tahun sebelumnya selalu dimenangkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo asal Indonesia.

“Juara dunia dua kali itu menyelesaikan musim yang menakjubkan dengan gelar ke-11 dari 12 final. (Raihan ini) menjadi satu lebih baik dari hasil Lee Chong Wei pada 2010,” tulis pernyataan BWF dalam laman resminya, dilansir pada Senin (23/12/2019). “Yang membuatnya sangat penting adalah gelar ke-11 datang di Guangzhou pada BWF World Tour Finals setelah setahun lalu dikalahkan secara komprehensif oleh Shi Yu Qi di final,” tutup pernyataan tersebut.

 

BERITA REKOMENDASI