Net

Wahyana, Wasit Bulutangkis Dunia yang Juga Guru SMP di Gunungkidul

WAHYANA, guru olahraga SMP Negeri 4 Patuk Kabupaten Gunungkidul, DIY menjadi sorotan penggemar olahraga di Indonesia. Pria berusia 53 tahun ini menjadi wasit utama pertandingan final Olimpiade untuk cabang bulutangkis tunggal putri.

Wahyana diketahui memimpin laga puncak tunggal putri antara Chen Yu Fei dari China melawan Tai Tzu Ying asal Taiwan. Pertandingan ini dimenangkan oleh Chen Yu Fei dengan skor 21-18, 19-21 dan 21-18.

Wahyana mengatakan bahwa memimpin pertandingan final Olimpiade Tokyo 2020 menjadi salah satu pencapaiannya yang tertinggi. “Ya boleh dikatakan top karier saya (memimpin final Olimpiade),” kata Wahyana, Selasa 3 Agustus 2021.

Wahyana menjabarkan ada 36 orang wasit yang disiapkan memimpin pertandingan Olimpiade cabang bulutangkis. Dari 36 orang ini 11 diketahui berasal dari Asia.

“Saya satu-satunya dari Indonesia. Kemudian dipercaya memimpin jalannya perebutan emas di kelas tunggal putri,” terang Wahyana.

Warga Sidomulyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman ini mengaku memimpin sebuah pertandingan final adalah kebanggaan tersendiri. Terlebih untuk memimpin final diharuskan benar-benar sosok yang terbaik dan berkompeten.

“Tentu ada sebuah kebanggaan tersendiri, sebab dalam final itu hanya dicari wasit terbaik dari seluruh yang ada. Alhamdulillah,” ucap Wahyana.

BERITA REKOMENDASI