Pengurus PASI DIY Dilantik, Hasil PON Jadi Modal Lebih Maju

YOGYA , KRJogja.com- Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) DIY periode 2021-2025 resmi dilantik dan kukuhkan di Aula Bank BPD DIY, Minggu (12/12/2021). Hasil positif yang diraih pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 diharapkan menjadi modal berharga bagi kepengurusan saat ini bisa membawa pembinaan dan prestasi atletik DIY lebih maju.

“Pada PON kemarin, DIY mengirimkan 3 atlet, dan tiga-tiganya berhasil mendapatkan medali semua. Ini menjadi pijakan kuat buat PASI DIY untuk maju,” tegas Kabid Binpres Pengurus Besar (PB) PASI, Dr Ria Lumintuarso MSi dalam sambutannya usai melantik kepengurusan Pengda PASI DIY yang saat ini dimpimpin oleh Drs Bambang Dewanjaya selaku Ketua Umum (Ketum).

Tak hanya membuktikan kualitas atlet-atletnya di ajang PON, Ria juga mengapresiasi program pembinaan atlet-atlet DIY yang terlihat dari hasil ajang invitasi atletik pelajar beberapa waktu lalu dimana, DIY sukses menjadi juara umum. “DIY tidak bisa dipandang remeh lagi oleh daerah lain, karena berhasil menjadi juara umum di ajang tersebut,” terangnya.

Dengan mulai berkembangnya prestasi atletik di DIY, selaku perwakilan PB PASI, Ria juga mendorong kepengurusan saat ini untuk bisa ikut mendukung untuk memunculkan atlet-atlet baru guna diandalkan di ajang internasional. “Atletik sekarang dimasukkan sebagai olahraga straregis untuk menjadi penyumbang medali di ajang internasional, untuk itu kami berharap Pengda PASI DIY dapat men-support munculnya atlet-atlet nasional untuk berprestasi di internasional,” tandasnya.

Dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus Pengda PASI DIY kemarin, selain dihadiri perwakilan PB PASI, turut hadir dua pembina Pengda PASI DIY yang juga Sekda Pemda DIY, Drs R Kadarmanta Baskara Aji dan Dirut Bank BPD DIY Santoso Rohmad SE MM, serta Wakil Ketua Umum (WKU) I KONI DIY, Ir Pramana dan Kabid Organisasi KONI DIY Nolik Maryono BSc.

Selepas resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketum Pengda PASI DIY, Bambang Dewanjaya mengatakan, pihaknya tetap akan berusaha melakukan pembinaan secara maksimal bagi atlet-atlet DIY kedepannya. Harapannya, prestasi gemilang DIY di ajang PON XX Papua 2021 dapat diteruskan di ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mendatang.

Dengan pembinaan yang saat ini telah dilakukan, pihaknya berharap pada ajang Pra Kualifikasi PON mendatang semakin banyak atlet DIY yang lolos menuju PON. “Jika atlet yang lolos semakin banyak, kami berharap di PON mendatang, medali emas yang bisa diraih lebih dari satu,” tandasnya.
Sementara itu Pembina Pengda PASI DIY yang juga Dirut Bank BPD DIY, Santoso Rohmad SE MM mengaku siap untuk terus mendukung program-program pembinaan yang dilakukan oleh PASI DIY. Pasalnya, program yang dijalankan oleh PASI DIY sejalan dengan program Bank BPD DIY yang salah satunya konsen untuk mengembangkan olahraga wisata atau sport tourism di DIY.(Hit)

BERITA REKOMENDASI