Peparnas XVI Papua, Kontingen DIY Tambah 4 Medali Emas

JAYAPURA, KRJOGJA.com – Sehari selepas sukses meraih medali emas pertamanya di ajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, kontingen DIY sukses merebut 4 medali emas pada Selasa (9/11/2021). Tercatat ada empat cabang olahraga (cabor) yang menyumbang empat medali emas tersebut, yakni, para tenis lapangan kursi roda, para tenis meja, para panahan dan para angkat berat direbut DIY.

Keempat medali emas tersebut masing-masing dipersembahkan lewat cabor para tenis lapangan kursi roda melalui nomor beregu putri dengan trio paralympian, Ditem, Zubaidah dan Sudartatik. Untuk emas angkat berat dipersembahkan oleh Sutiayah di kelas -50 kg putri, medali emas para tenis meja dipersembahkan Muhammad Bima Pradana di nomor klasifikasi tuna netra.

Kemudian medali emas panahan diraih dari nomor beregu putri divisi nasional melalui Sri Winarsih, Nuraini Hidayati dan Desta Ariyana Pertiwi. Dengan tambahan 4 medali emas, kemudian 1 medali perak dan 6 medali perunggu, kontingen DIY untuk sementara meraup total 5 medali emas, 5 perak dan 12 perunggu.

Salah satu raihan medali emas yang didapat secara dramatis didapat tim beregu putri para tenis lapangan kursi roda usai menang atas Jawa Barat pada laga penentuan di Lapangan Tenis Kantor Walikota Jayapura. Menggunakan sistem ’round robin’, kedua tim sama-sama meraih 2 kemenangan sebelum saling berjumpa untuk memperebutkan juara klasemen akhir.

Di partai pertama, DIY yang menurunkan tunggal pertama Sudartatik untuk melawan Siti Maimunah, harus tertinggal 0-1 terlebih dahulu setelah kalah 6-8. Namun di partai tunggal kedua, DIY bangkit menyamakan kedudukan jadi 1-1 setelah Zubaidah mengalahkan Tanthy Trisantina dengan kor 8-1. Pada partai ketiga atau penentuan, ganda putri DIY, Ditem/Zubaidah memastikan medali emas usai menang 8-4 atas Siti M/Tanthy T.

Keberhasilan merebut emas usai meraih kemenangan di partai ketiga ini langsung disambut gembira Ketua Umum (Ketum) National Paralympic Committee (NPC) DIY Hariyanto dengan langsung memberikan selamat di lapangan tepat seusai laga. “Selamat buat tim putri tenis lapangan kursi roda, semoga ini menjadi awal untuk meraih medali emas selanjutnya,” ujarnya kepada KRJOGJA.com usai pertandingan.

BERITA REKOMENDASI