Ancaman Teror Intai Pelaksanaan Piala Dunia 2018? Serem..

KEMENTERIAN Luar Negeri Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk berhati-hati atas ancaman serangan teroris pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Imbauan berupa travel advisory itu ditujukan secara khusus kepada warga negara AS yang melakukan perjalanan ke Rusia untuk menonton langsung turnamen sepak bola akbar empat tahunan tersebut.

Washington menjelaskan bahwa teroris dapat menargetkan pertandingan atau lokasi lain yang terkait dengan turnamen.

Meski begitu, Kemlu AS tidak menyebut lokasi atau bentuk ancaman spesifik dalam travel advisory yang dirilis pada Jumat, 15 Juni 2018.

"Meskipun keamanan untuk Piala Dunia akan sangat ketat, teroris mungkin bisa beraksi pada sejumlah perhelatan, lokasi wisata, pusat transportasi, dan tempat umum lain," jelas Kemlu AS, seperti dikutip dari The Hill, Sabtu (16/6/2018).

Kemlu AS juga mengimbau bahwa otoritas Rusia "Bisa (dengan sengaja) menghambat akses bantuan kekonsuleran bagi warga AS yang membutuhkan, tanpa alasan yang masuk akal."

"Karena pemerintah Rusia menerapkan kebijakan pembatasan personel diplomatik AS di Rusia, kami mengalami kekurangan kemampuan untuk memberikan layanan penuh kepada warga AS yang membutuhkan," tulis imbauan itu.

Travel advisory itu juga menjelaskan bahwa saat ini, dua wilayah Rusia di Ossetia Utara dan wilayah Chechnya tengah mengalami gejolak. Karena itu, warga AS diimbau untuk tidak mendekat atau pergi ke wilayah tersebut.(*)

BERITA REKOMENDASI