Argentina Kalah 0-3 dari Kroasia, Ini Sebabnya

NIZHNY NOVGOROD – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Argentina, Jorge Sampaoli, mengungkapkan penyebab timnya kalah 0-3 dari Kroasia di matchday kedua Grup D Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB. Sampaoli menilai, gol pertama Kroasia yang dicetak Ante Rebic di menit 53, mengubah rencana yang telah dibuat sebelumnya.

Dalam laga tersebut, La Albiceleste –julukan Argentina– memang lebih mendominasi permainan. Tercatat, Javier Mascherano dan kawan-kawan sanggup menguasai pertandingan hingga 58%.

Akan tetapi, dominasi bola menjadi percuma jika keunggulan tersebut tak dapat dikonversi menjadi peluang. Pada akhirnya, Kroasia justru yang mampu memanfaatkan situasi. Pada menit 53, tim asuhan Zlatko Dalic itu membuka keunggulan lewat sepakan akrobatik Ante Rebic.

Gol bermula dari kesalahan penjaga gawang Argentina, Willy Caballero, yang salah mengantisipasi umpan Gabriel Mercado. Sapuan bola yang dilakukan Caballero pun diselesaikan Rebic lewat sepakan salto.

Setelah gol tersebut, permainan Argentina mengalami penurunan. Akibatnya, Kroasia mampu memanfaatkan kelengahan tersebut. Kroasia sanggup menciptakan dua gol tambahan via sepakan Luka Modric pada menit 80 dan Ivan Rakitic (91’). Berkat kemenangan itu, Kroasia lolos ke 16 besar, sedangkan nasib Argentina di Piala Dunia 2018 berada di ujung tanduk.

“Jika saya merencakan sesuatu secara berbeda, semuanya akan berjalan dengan berbeda. Jujur, strategi saya di laga ini ialah memberikan tekanan maksimal kepada lawan. Akan tetapi, setelah gol pertama yang dibuat Kroasia, semuanya menjadi sulit,” kata Sampaoli mengutip dari Four Four Two, Jumat (22/6/2018). (*)

 

BERITA REKOMENDASI