Gol Suarez Bawa Uruguay Susul Rusia ke 16 Besar Piala Dunia 2018

ROSTOV-ON-DON, KRJOGJA.com – Uruguay berhasil melangkah ke babak 16 usai mengatasi Arab Saudi di laga kedua Grup A Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rostov Arena, Rusia, Rabu (20/6/2018) malam WIB. Kemenangan tipis 1-0 atas Arab Saudi memastikan La Celeste –julukan Uruguay- menyusul langkah Rusia ke babak 16 besar.

Luis Suarez tampil menjadi pahlawan bagi Uruguay yang mencetak satu-satunya gol pada laga ini. Gol tersebut pun juga memastikan Arab Saudi tersingkir dari Piala Dunia 2018 diikuti satu tim lainnya di Grup A yakni Mesir.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Awal babak pertama dimulai, Uruguay dengan cepat langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama pun langsung didapat oleh Luis Suarez pada menit kedua setelah meneruskan umpan Cristian Rodriguez. Namun, tembakan kerasnya masih mampu diblok oleh baris pertahanan Arab Saudi.

Akan tetapi, Arab Saudi yang tak ingin mengalami nasib serupa seperti laga perdana, mencoba untuk membangun serangan. Namun belum ada peluang berarti dari tim Arab. Begitu pun dari Uruguay yang juga sama-sama menekan pertahan Arab, tetapi belum menemui celah hingga menit ke-10.

Baca juga Uruguay Pimpin Skor Sementara 1-0 atas Arab Saudi di Babak Pertama

Memasuki menit 20, kedua tim masih sama-sama mencari peluang untuk bisa mencetak gol. Namun Uruguay kali ini lebih dominan. Hingga akhirnya pada menit 23, Uruguay mampu memanfaatkan peluang yang datang dari tendangan sudut.

Carlos Sanchez yang melepaskan umpan dari eksekusi tendangan pojok sukses melewati barisan pertahanan Arab Saudi dan disambut dengan baik oleh Suarez. Sepakan akurat pemain Barcelona itu pun mampu mengoyak gawang Arab Saudi dan membuat keunggulan 1-0.

Tertinggal satu gol, Arab Saudi mencoba bangkit. Akan tetapi usaha keras untuk menembus pertahanan Uruguay masih belum membuahkan hasil. Laga berjalan 30 menit, Arab Saudi masih mencoba untuk bisa menciptakan peluang. Sementara Uruguay seskali melakukan tekanan meski tak mengancam gawang Arab Saudi.

Keunggulan Uruguay itu pun akhirnya bertahan hingga laga babak pertama usai. Tim asuhan Oscar Tabarez itu masih unggul di 45 menit pertama dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Pada babak kedua langsung berusaha menekan untuk bisa mendapatkan poin. Tekanaan terus dilancarkan The Green Falcons –julukan Timnas Arab Saudi- di lima menit pertama jalannya pertandingan babak kedua.

Penguasaan bola Arab Saudi pun masih berlanjut hingga menit 60. Kekalahan di laga sebelumnya membuat tim asal Asia itu mencoba memperbaiki diri di pertandingan kedua ini. Akan tetapi Uruguay pun tidak lengah sedikit pun dan tidak memberikan kesempatan bagi Arab Saudi untuk menyamakan kedudukan.

Pada menit 62, Uruguay mendapat peluang melalui Sanchez yang meneruskan umpan silang dari Cavani. Sayang sundulannya masih melambung di atas mistar gawang. Begitu pun pada menit 68 kala Martin Caceres yang menyambut tendangan bebas Sanchez melalui tandukan nyaris menciptakan gol. Sayang bolanya masih melambung di atas gawang.

Hingga menit 70, Arab Saudi masih berusaha keras untuk menciptakan gol penyeimbang. Namun serangan-serangan yang mereka bangun masih mampu dimentahkan barisan pertahanan Uruguay yang dimotori Diego Godin.

10 menit jelang laga usai, Uruguay nyaris mencetak gol melalui Lucas Torreira yang masuk sebagai pemain pengganti. Tetapi sepakan kerasnya membentur tubuh Cavani dan membuat bola melenceng dari gawang.

Arab Saudi pun mencoba berbagai peluang untuk bisa mencetak gol. Namun hingga pertandingan usai, tak ada gol tercipta dari Arab Saudi. Begitu pun dengan Uruguay yang gagal menambah keunggulan, meski tampil menekan di menit-menit akhir pertandingan. Uruguay menang dengan skor 1-0.

Susunan Pemain Uruguay vs Arab Saudi

URUGUAY XI: Muslera; Godin, Gimenez, Caceres, Varela, Rodriguez, Bentancur, Vecino, Sanchez, Suarez, Cavani.

ARAB SAUDI XI: Al Owais; Haswawi, Albulayhi, Al Burayk, Al Shahrani, Al Jassim, Otayf, Babhir, Al Faraj, Al Dawsari, Al Muwallad. (*)

BERITA REKOMENDASI