Ini Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Ala Kecerdasan Buatan

SETIAP ajang Piala Dunia muncul sejumlah hewan yang mendadak menjadi peramal untuk memprediksi tim yang akan meraih kemenangan. Namun, ada yang berbeda di Piala Dunia 2018.

Perusahaan konsultan keuangan Goldman Sachs memprediksi tim dari negara mana yang bakal keluar menjadi jawara Piala Dunia tahun ini.

Hasil prediksinya itu, menyebutkan bahwa Brasil digadang-gadang keluar menjadi pemenang setelah menaklukan Jerman di semifinal.

Lantas, apa yang menjadi dasar prediksi mereka? Dilaporkan dari Engadget, Minggu (17/6/2018), pihaknya menggunakan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan ramalan ini.

Sebelum menggunakan teknologi tersebut, pihak Goldman Sachs mengumpulkan dan menjalankan 200 ribu pola kasus pertandingan dengan machine learning. Data yang dikumpulkannya itu, seperti performance tim serta individu.

Setelah itu, mereka mensimulasikan satu juta variasi turnamen untuk menghitung probabilitas kemajuan tiap tim dari masa ke masa. Data tersebut kemudian diolah dan menghasilkan perkiraan skor pertandingan.

"Kami mengumpulkan sifat stochastic dari turnamen dengan hati-hati menggunakan metode statistik khusus. Kami juga mempertimbangkan banyak informasi dalam melakukannya," kata pihak Goldman Sachs.

Meski begitu, mereka mengakui bahwa hasil prediksi itu sangatlah tidak pasti. Walaupun menggunakan metode statistik yang paling maju sekalipun. Artinya, bisa saja meleset dari hasil yang diprediksikan.

"Karena sepak bola adalah pertandingan yang tidak dapat diprediksi. Maka itu, sangat menarik jika Piala Dunia tahun ini layak untuk ditonton," jelasnya.(*)
 

BERITA REKOMENDASI