Iran Bolehkan Suporter Perempuan Nobar

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Dewan provinsi Teheran membuat keputusan di menit-menit akhir pada Rabu (20/06/2018) pagi. Keputusan itu memperbolehkan wanita di Iran menyaksikan pertandingan tim nasional mereka di stadion terbesar di negara tersebut yang disambut dengan gegap gempita di stadion dan jalanan.

Sebuah kelompok wanita Iran yang telah mengadvokasi hak untuk memasuki stadion olahraga selama bertahun-tahun, Open Stadiums, menyambut baik keputusan tersebut. Para anggota Open Stadiums datang ke Stadion Azadi pukul 10.30 malam waktu setempat. Mereka baru diperkenankan masuk sesaat sebelum sepak mula dimulai.

Seorang aktivis perempuan di Iran bernama Ghoncheh Gavani menjadi salah satu yang hadir di stadion tersebut. "Luar biasa, ini pertama kalinya kami lihat 100 ribu orang hadir di stadion [Azadi]. Ini hebat. Bahkan setelah pertandingan berakhir, orang-orang masih terus berada di dalam stadion," kata Gavani.

Menurut kantor berita Iran, keputusan untuk membiarkan wanita nonton di stadion hanya berlaku pada laga Iran lawan Spanyol. Meski demikian, sejumlah wanita berharap agar ini adalah langkah awal untuk sebuah kebijakan jangka panjang. (*)

BERITA REKOMENDASI