Kontroversial! Selebrasi Shaqiri di Piala Dunia 2018

KALININGRAD, KRjogja.com – Pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Swiss, Xherdan Shaqiri, menjadi sosok pahlawan ketika timnya menang tipis 2-1 atas Serbia di matchday kedua Grup E Piala Dunia 2018, Sabtu (23/6/2018) dini hari WIB. Gol telatnya di menit 90+1 itu menjadi sebuah gol yang sangat penting bagi Swiss karena membuat asa timnya semakin terbuka lebar untuk lolos ke babak 16 besar.

Akan tetapi, ada hal kontroversi dalam gol yang diciptakan Shaqiri di pertandingan tersebut. Bukan proses terciptanya gol yang dipermasalahkan, tetapi gaya selebrasi yang dilakukan Shaqiri yang menuai kontroversi.

Dalam selebrasi tersebut, pemain berusia 26 tahun itu terlihat membentuk suatu simbol seperti seekor burung elang dengan dua kepala melalui kedua tangannya. Simbol itu sendiri merupakan simbol yang ada di bendera kebangsaan Kosovo.

Seperti yang diketahui, Kosovo pernah menjadi bagian dari provinsi Serbia. Akan tetapi, pada 2008, Kosovo memerdekakan dirinya. Sampai saat ini, hubungan antara Serbia dengan Kosovo pun bisa dibilang tidak baik.

Hubungannya dengan Shaqiri? Ternyata Shaqiri lahir di provinsi Kosovo. Meski ia melakukan selebrasi tersebut, Shaqiri mengaku tidak bermaksud apa-apa. Shaqiri hanya merasa selebrasi yang ia lakukan itu merupakan sebuah pengungkapan emosi.

“Saya memikirkan hal ini (terkait selebrasi yang dilakukannya) dan saya tidak ingin membahasnya. Di sepakbola, Anda akan selalu memiliki suatu emosi. Anda dapat melihat apa yang saya lakukan dan itu hanyalah sebuah pengungkapan emosi. Saya hanya merasa senang mencetak sebuah gol. Saya melakukannya dan kami tak perlu membahas hal tersebut,” ungkap Shaqiri, seperti diwartakan Sky Sport, Sabtu (23/6/2018). (*) 

BERITA REKOMENDASI