Meksiko Kalahkan Juara Dunia Jerman 1-0

MOSKOW, KRJOGJA.com – Kontra Meksiko, Jerman harus akui keunggulan tipis El Tri 0-1 pada Minggu (17/6/2018) malam di Luzhniki Stadium Moskow.

Aroma balas dendam sudah tercium sejak peluit dibunyikan. Meksiko langsung bermain agresif untuk coba unggul lebih dulu. Sepakan keras Herrera di menit 10 bisa saja memecah kebuntuan jika laju bola tidak tepat di pelukan Neuer.

Tak ingin terus tertekan, Jerman mulai melancarkan serangan balik. Kerjasama Mesut Ozil dan Toni Kroos yang salurkan bola ke depan, belum ada yang bisa menjadi gol. Skor masih kacamata hingga menit ke-20.

Perjuangan El Tri membuahkan hasil pada menit 35. Lozano yang menerima umpan, dengan bebas lakukan drible ke pertahanan Jerman dan membuat Neuer harus memungut bola dari sarangnya. Kedudukan menjadi 0-1 untuk Meksiko.

Der Panser yang tak ingin menanggung malu langsung tancap gas. Tapi kiper Meksiko, Ochoa berhasil gagalkan tendangan bebas Toni Kroos di menit 39 untuk rubah keadaan.

Carlos berpeluang gandakan gol Meksiko jika saja sadukannya di menit akhir babak pertama tidak melebar ke kanan gawang Neuer. Jerman tertinggal 0-1 waktu istirahat.

Gengsi dengan titel juara bertahan, Jerman langsung tampil menyerang sejak babak kedua dimulai. Menit 57, peluang emas Jerman didapatkan Mueller yang berdiri bebas di depan gawang Ochoa. Sayang, posisinya offside.

Juru taktik Der Panser Joachim Loew menarik keluar gelandang bertahan Sami Khedira dan memasukkan Marco Reus yang berposisi sebagai penyerang. Ini membuktikan bahwa Jerman tidak ingin kalah di pertandingan perdana mereka.

Reus langsung tebar ancaman ke gawang lawan sejak menit pertama bermain. Beberapa peluang Reus masih bisa digagalkan oleh pertahanan El Tri. Peluang terbaik Reus di menit 75 juga masih diluar kiri gawang Meksiko.

Karena masih belum memecah kebuntuan, Loew kembali melakukan pergantian pemain bertahan dengan penyerang. Kali ini giliran Plattenhardt yang harus digantikan Mario Gomez di 10 menit terakhir babak kedua. Ini berarti Jerman mengandalkan tiga striker utama untuk kejar ketertinggalan.

Meksiko yang hanya mengandalkan serangan balik sebenarnya sering mendapat kans untuk menambah gol. Tendangan Layun di menit 81 misalnya. Meski berdiri bebas, tapi arah bola masih melambung jauh dari sarang Neuer.

Namun hingga wasit membunyikan peluit berakhirnya pertandingan, Jerman tetap tak mampu samakan kedudukan. Skor akhir tetap 0-1 untuk Meksiko. (Mutiara Kurnia)

BERITA REKOMENDASI