Puluhan Pilot dari Berbagai Daerah Ikuti Festival Girisembung Paralayang Wisata

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Animo pilot paralayang atau paragliding dari berbagai daerah mengikuti Festival Paralayang bertajuk Girisembung Paralayang Wisata di Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, Minggu (24/7/2022), cukup tinggi.

Kendati tak semua pilot paralayang mendarat mulus karena ada yang mendarat jauh dari titik pendaratan tapi mereka selamat tanpa cidera. Di antara 60 pilot paralayang yang mengikuti festival tersebut ada yang mampu menunjukkan keahliannya menerbangkan paralayang dan mendarat mulus tepat di titik pendaratan, sehingga mengundang decak kagum penonton.

Festival paralayang semakin menarik dan indah lantaran di antara pilot menggunakan kostum bertemakan tokoh pewayangan, seperti Gatotkaca, Hanoman, Dewi Shinta dan punggawa Punokawan.

Festival paralayang mengambil titik take off di puncak Bukit Girisembung Kalurahan Banjarasri. Sebelum terbang para pilot harus sudah mengetahui flight plan atau rencana jalur penerbangan termasuk titik final leg atau landing di lapangan Banjarasri.

Festival paralayang di puncak Bukit Girisembung merupakan tahun kedua bertujuan membangkitkan dunia pariwisata di Kulonprogo yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sebelum jadi spot olahraga paralayang, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) telah melakukan survei dan menyatakan Puncak Bukit Girisembung layak dijadikan tempat paralayang dan olahraga kedirgantaraan lainnya.

“Saat pandemi Covid-19 tahun 2021 lalu kami melakukan penjajakan dan sekarang pandemi sudah melonggar maka kita mengadakan even lebih besar lagi melibatkan banyak orang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito SSn menambahkan festival untuk menambah kunjungan dan daya tarik wisatawan ke desa wisata Banjarasri.

BERITA REKOMENDASI