Bulutangkis Denmark Cup 2021, Jonatan Christie Lolos ke Babak 16 Besar

user
danar 21 Oktober 2021, 21:10 WIB
untitled

ODENSE, KRJOGJA.com - Salah satu pahlawan Thomas Cup Indonesia 2020, Jonatan Christie atau yang akrab dipanggil Jojo lolos ke babak 16 Besar Turnamen bulutangkis level Super 1.000 BWF Denmark Open 2021. Bertanding pada hari kedua di babak pertama (32 Besar) di Odense Sports Park, Odense, Denmark, Rabu (20/10/2021) malam, Jojo akhirnya sukses mengamankan kemenangan meski mendapat perlawanan sengit dari tunggal andalan India Pranoy Hassena Sunil Kumar dalam laga dua game dengan skor 21-18, 21-19. Dengan kemenangan atas Pranoy itu, Jojo di babak 16 Besar akan bertemu wakil dari Jepang, Kante Tsuneyama.

Sementara itu, lima wakil Indonesia lainnya yang tampil pada hari yang sama gagal melaju ke babak 16 Besar. Mereka adalah pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (The Daddies), Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, ganda putri Siti Fadia/Ribka Sugiarto, dan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito (Vito).

Anthony, yang tampil sebagai unggulan kelima, memutuskan menarik diri dari pertandingan turnamen level Super 1000 itu karena cedera pinggang, saat laga pada game pertama baru berjalan beberapa menit lawan Thomas Rouxel (Prancis) dengan skor 1-4 (retired).

“Sebenarnya sudah terasa agak sakit di pinggang waktu pertandingan final Piala Thomas dan kemarin ada jeda istirahat dua hari. Sempat recovery tapi mungkin tidak cukup dengan hanya dua hari,” kata Anthony, melalui siaran pers PBSI, dilansir Djarumbadminton.com.

"The Daddies" gagal melaju ke babak kedua usai dikalahkan pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel 17-21, 13-21. Sedangkan lima lainnya berhasil melaju ke babak 16 besar dan menyusul enam wakil yang telah lebih dulu lolos pada Selasa (19/10/2021).

Seperti dilansir BWF Tournamentsofware.com selain Jojo, empat wakil Indonesia lainnya yang lolos pada hari kedua babak penyisihan 32 Besar adalah, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Nita Violina Marwah/Putri Syaikah (ganda putri), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Mengawali game pertama, Jojo sempat tertinggal 1-4. Tapi, perlahan tapi pasti, Jojo bangkit dan terlibat pertarungan sengit melawan Prannoy hingga berhasil unggul 11-9 di interval pertama. Selanjutnya, Jojo terus menunjukkan kematangannya ketika terlibat aksi kejar-kejaran poin di antara kedua pemain. Namun Jojo akhirnya berhasil menutup game pertama dengan kemenangan 21-18.

Tidak ingin kembali tertekan, Jojo berupaya tampil lebih tenang pada awal game kedua. Aksi jual-beli serangan mewarnai pertandingan, sebelum akhirnya Jojo lepas dari tekanan dan unggul 11-8 hingga jeda interval kedua. Selepas interval, tunggal putra andalan Indonesia itu semakin mengganas. Dengan pengalamannya, pemain unggulan keenam itu berhasil menutup game kedua dengan kemenangan 21-19.

Tsuneyama, lawan Jojo selanjutnya, belum pernah menang satu kali pun kala keduanya bertanding. Terakhir kali, kedua pemain bertanding di babak semifinal New Zealand Open 2019, yang dimenangkan Jojo 21-12, 21-15.

 Pada hari yang sama, tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung juga menang atas Julie Dawall Jakobsen dari Denmark dengan skor 21-9, 21-12. "Pertandingan hari ini Puji Tuhan saya bisa main sesuai dengan apa yang saya inginkan. Main langsung in dan fokus poin demi poin," kata Gregoria.

Dalam laga 16 Besar Gregoria bakal menghadapi lawan yang lebih sulit, yakni unggulan kedua Akane Yamaguchi asal Jepang. "Persiapan lawan Akane banyak sekali karena lawan semakin sulit. Mental, fisik dan konsistensi di dalam lapangan," lanjutnya.

Kemenangan juga diraih ganda putri, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah menang atas wakil India Jakkampudi Meghana/Poorvisha S Ram, 21-8, 21-7. Sedangkan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menyerah 19-21, 19-21 dari wakil Taiwan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan. (Rar)

Credits

Bagikan