Italia Pimpin Klasemen Sementara Grup E Piala Eropa 2016

user
agus 14 Juni 2016, 10:10 WIB
untitled

LYONNAIS (KRjogja.com) – Italia melakoni laga perdana mereka di Grup E Piala Eropa 2016 kontra Belgia di Stade Parc Lyonnais, Selasa (14/6/2016) dini hari WIB. Tampil saling menekan sejak menit awal, Gli Azzurri sukses menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan 2-0 atas Belgia.

Dengan hasil positif tersebut, Italia pun kini sementara jadi pemuncak klasemen Grup E Piala Eropa 2016. Tim arahan Antonio Conte itu sukses mengoleksi tiga poin diikuti Republik Irlandia dan Swedia, yang di laga sebelumnya bermain imbang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Belgia memulai pertandingan babak pertama dengan langsung menekan pertahanan Italia. Bahkan mereka nyaris saja bisa membuka skor apabila sepakan Radja Nainggolan tidak mampu digagalkan oleh Gianluigi Buffon.

Pada menit 16, Belgia kembali menebar ancaman terhadap gawang Italia via aksi dari Kevin De Bruyne. Akan tetapi upayanya melepaskan sepakan ke gawang Italia masih mampu diganggu oleh Andrea Berzagli.

Berselang tujuh menit, giliran Italia yang mendapatkan peluang perdana mereka di laga ini. Sayangnya, peluang Italia melalui sepakan spekulasi dari Eder masih belum menemui sasaran yang tepat.

Emanuele Giaccherini! Akhirnya mampu membuka keunggulan Italia atas Belgia di menit 33. Memanfaatkan umpan lambung Leoanardo Bonucci, pemain Sunderland itu menyambutnya dengan sepakan first time yang gagal diamankan oleh Thibaut Courtois.

Tidak berselang lama dari gol Giaccherini, Italia hampir saja menambah keunggulan melalui tandukan Bonucci. Akan tetapi, tandukkan bek Juventus itu usai menerima umpan dari Antonio Candreva masih menyamping di sisi kanan gawang Courtois.

Belgia hampir saja menyamakan kedudukan di menit-menit akhir melalui peluang dari Axel Witsel. Namun upayanya masih gagal membuahkan hasil. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Italia atas Belgia masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol di paruh pertama, membuat Belgia pun semakin kesetanan di awal babak kedua. Bahkan beberapa kali pemain Setan Merah mampu menebar ancaman ke gawang Buffon. Sayangnya, rapatnya pertahanan Italia masih menggagalkan segala upaya Belgia itu.

Alih-alih mampu menyamakan kedudukan, gawang Belgia justru hampir saja kembali dibobol Italia via aksi dari Graziano Pelle. Memanfaatkan umpan silang Candreva, bomber andalan Southampton itu melepaskan sundulan ke gawang Belgia. Beruntung Courtois mampu menyelamatkan gawangnya.

Pada menit 68, Belgia kembali gagal memanfaatkan peluang emasnya untuk bisa menyamakan kedudukan. Kali ini giliran sepakan spekulasi yang dilepaskan oleh Lukaku yang masih mampu dengan mudah dibaca oleh Buffon.

Memasuki 10 jelang laga usai, Italia hampir saja menambah keunggulan andai peluang dari Candreva mampu membuahkan hasil. Namun bola hasil sepakan gelandang Lazio itu masih membentur salah satu pemain bertahan Belgia dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Italia akhir mampu menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Belgia melalui gol Pelle di menit-menit akhir pertandingan. Memanfaatkan umpan dari Candreva, ia lalu melepaskan sepakan voli yang meluncur deras ke dalam gawang Courtois.

Hingga peluit panjang ditiupkan sang pengadil lapangan bertanda usainya laga, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua kesebelasan. Italia pun mampu menutup laga ini dengan kemenangan 2-0 atas Belgia.

Susunan Pemain

Italia (3-5-2): Buffon; Chiellini, Barzagli, Bonucci; Darmian (De Sciglio 59’), Candreva, De Rossi (Motta 78’), Parolo, Giaccherini; Pele, Eder (Immobile 75’).

Pelatih: Antonio Conte

Belgia (4-4-1-1): Courtois; Ciman (Carrasco 75’), Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan (Mertens 63’), Fellaini, De Bruyne; Hazard; Lukaku (Origi 73’). (*)


Pelatih: Marc Wilmots

Kredit

Bagikan