Final Daihatsu Astec Digelar di GOR Tanjung Priok

user
danar 07 November 2019, 21:20 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Setelah menggelar pertandingan di 7  kota besar di Indonesia, akhirnya putaran final turmamen bukutangkis Daihatsu Alan-Susi Susanti Technology  (Astec) Open,  dilangsungkan 4-9 Nopember di GOR Tanjung Priok, Jakarta.

Menurut Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade Barcelona,  gelaran bulutangkis Daihatsu Astec Open tahun ini diikuti oleh peserta bulutangkis junior cukup banyak. Dari 7 kota yang menjadi ajang turann tersebut mencapai 6589 peserta.

"Para pamain junior di daerah sangat antusias ambol bagian pada turnamen ini. Misalnya di Yogyakarta yang semula ditarget bakal diikuti 600 peserta, ternyata membludak hingga 1400 peserta," ujar Susi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Dijelaskannya kota yang dipilih menjadi penyelenggara turnamen Daihatsu Astec Open, selain Yogyakarta, juga Bandung, Surabaya,  Medan, Makasar, Balikpapan, Jakarta. Dengan mempetandingkan kelompuk usia 13 (U13), U-15, U-17, U-19, Dewasa dan Veteran.

"Selain itu di daerah kami mengadakan coaching clinic," katanya lagi.

Amelia Tjandra, Marketing Direktur Astra Daihatsu Motor, para pemenang turnamen yang berhadiah total Rp 900 juta itu, akan diikut sertakan dalam pertandingan di Jepang dengan melawan pemain junior Jepang dan juga Malaysia.

Dijelaskanya pada turnamen Daihatsu Astek tahun ini tidak hanya diikuti pemain lokal, tapi juga pemain mancanegara, seperti Thailand, Amerika Serikat, Jerman, India, Irak, Jepang,  Singapura, Malaysia, Filipina dan Brunai Darussalam.

Diakuinya untuk tahun depan, turnamen akan ditingkatkan lagi menjadi kejuaraan junior asia yang masuk dalam pertandingan memperoleh point untuk bisa tampil di Olimpiade junior tahun 2022.

Bambang Rudianto, Direktur Turnamen membenarkan hal itu. Bahkan untuk penjajagan itu, tahun ini sudah melibatkan pemain mancanegara.

Untuk tahun depan tetap akan di gelar 7 kota namun dari sejumlah itu hanya untuk pertandingan di Surabaya dan Solo yang akan masuk dalam point internasional, karena diikuti pemain asing.

"Karena sudah masuk poin olimpiade junior, diperkirakan pemain junior Asia akan bil bagian di turnamen ini. Sehingga secara kualitas akan lebih baik," jelasnya.

Alex Tirta, Wakil Ketua Umum PP PBSI menyambut gembira turnamen Daihatsu Astec Open. Sebab dari turnamen ini pula akan muncul bibit pemain handal. "Banyak mantan pemain yang tampil di Astec menjadi pemain nasional," ujar Alex.(Sim)

Kredit

Bagikan