Paralimpian dari 11 Negara Berebut Gelar FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022

user
danar 11 Agustus 2022, 19:10 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Sebanyak 71 paralimpian dari 11 negara siap bersaing ketat untuk mengejar gelar juara di ajang FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 yang digelar di GOR Among Raga, 23-28 Agustus mendatang. Ajang turnamen yang memiliki Grade 2 Level 3 dalam kalender federasi bulutangkis dunia (BWF) ini menjadi ajang paralimpian para badminton untuk mengejar poin menuju Paralimpiade Paris.

Wakil ketua panitia turnamen, Lius Pongoh dalam jumpa pers yang digelar secara daring, Kamis (11/8/2022) mengatakan, untuk ajang kali ini paralimpian yang sudah memastikan akan ambil bagian sesuai data dari BWF mencapai 71 orang. “Jumlah tersebut terdiri dari 13 paralimpian wheel chair dan 58 'standing'. Untuk asal mereka ada 11 negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, New Zealand, Azerbaijan, Peru, India, Polandia, Srilanka, dan Australia,” jelasnya.

Untuk kesiapan turnamen, mantan pebulutangkis nasional ini mengatakan, dipilihnya Yogya sebagai tuan rumah dikarenakan awalnya akan dilaksanakan di Magelang atau Solo, tapi ada sedikit kendala sehingga digeser ke Yogya. “Di Magelang, GOR kita kekecilan dan kalau di Solo masih ada Para Games. GOR Among Raga dipilih karena memang fasilitasnya lengkap dan tanggal 17 besok kami akan mulai loading,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, menuturkan, penyelenggaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 diharapkan menjadi ajang bagi paralimpian dalam mengasah kemampuan dan potensi diri. Harapannya, kedepan mereka dapat mendulang prestasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Melalui kejuaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dalam pengembangan potensi dan prestasi atlet yang merupakan pahlawan sejati di cabang olahraga. Dalam turnamen ini kami mengusung tema #SparkleYourEnergy dengan harapan para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Vanessa Ingrid Pamela, dengan ajang ini pihaknya juga ingin menyemangati daya juang para paralimpian untuk menjadi inspirasi dalam menaklukkan segala limitasi dan tantangan serta memberikan motivasi bagi orang lain. Tak hanya di arena pertandingan saja, semangat #SparkleYourEnergy yang merefleksikan jiwa pantang menyerah dan berdaya juang tinggi ini juga akan digaungkan melalui kampanye digital.

Pelaksanaan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 juga tak lepas dari dukungan penuh Bakti Olahraga Djarum Foundation. Dalam kesempatan tersebut, Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan, bergulirnya turnamen tersebut merupakan langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan paralimpian para badminton di tingkat dunia.

“Para badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet para badminton yang mengharumkan nama bangsa, khususnya melalui turnamen berkualitas seperti FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022,” tandasnya.

Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, memberikan apresiasi terhadap dukungan FOX’S dan Bakti Olahraga Djarum Foundation menghadirkan kembali turnamen para badminton level dunia ke Tanah Air. Pasalnya, tidak banyak perusahaan khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

“Harus diakui, tidak banyak perusahaan yang mau mensponsori kejuaraan olahraga disabilitas. Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para badminton sempat terhenti selama enam tahun. Untuk itu, kami mengapresiasi kesediaan FOX’S dan juga Bakti Olahraga Djarum Foundation yang berkenan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas atlet-atlet disabilitas, termasuk mereka bisa mendapatkan poin agar bisa lolos ke Paralimpiade Paris,” tutur Rima.

Rima melanjutkan, FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 akan menjadi pembuktian bagi skuad para bulutangkis di Indonesia usai menyabet berbagai macam gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum di ASEAN Para Games 2022. “Target kami di Yogya nanti adalah juaraumum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti,” tegas Rima.

Sambutan positif turut diutarakan oleh Ukun Rukaendi selaku paralimpian para badminton yang baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ASEAN Para Games (APG) 2022 ini memastikan akan berlaga di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022. Ia mengatakan, kehadiran kompetisi berkualitas di Tanah Air sangat diperlukan bagi pengembangan talenta dan kemampuan para paralimpian.

“Waktu diadakan di Solo enam tahun lalu, saya ikut main dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Jadi, di Yogya nantisaya juga akan berusaha tampil maksimal. Apalagi ini statusnya bermain di rumahsendiri, tanggung jawab dan targetnya pasti lebih tinggi. Jadi saya harus mempersiapkan yang terbaik,”ujarUkun.

Hal senada juga diutarakan oleh Rina Marlina yang terjun di nomor tunggal putri SH6. Rina ingin melanjutkan hasil positif yang ia raih di APG 2022 lalu dengan kembali mempersembahkan gelar juara bagi ibu pertiwi. “Kemenangan di APG kemarin tentu bikin saya lebih bersemangat untuk memenangkan gelar internasional lainnya. Semoga saya bisa bermain bagus di hadapan para pecinta bulutangkis Indonesia nanti. Mohon doanya,” tandas Rina.(Hit)

Kredit

Bagikan