Tumbangkan Hongkong, Indonesia Berpeluang Lolos Otomatis ke Piala Asia U-20 2023

user
Primaswolo Sudjono 16 September 2022, 22:31 WIB
untitled

Krjogja.com - SURABAYA - Tim nasional (Timnas) Indonesia sukses membungkam Hongkong dengan skor telak 5-1 pada matchday kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022) tadi malam. Hasil ini membuat peluang Indonesia lolos otomatis ke putaran final semakin besar meski harus bersaing ketat dengan Vietnam.

Dari hasil kemenangan ini, Indonesia unutk sementara memimpin grup F dengan nilai 6 hasil dari dua kemenangan yang diraih atas Timor Leste dengan skor 4-0 dan Hongkong dengan skor 5-1. Raihan poin dan selisih gol Indonesia (9-1) ini sama persis dengan Vietnam yang menjadi rival utama di grup ini.

Setelah sukses meraih kemenangan 5-1 atas Hongkong di laga pertama, Vietnam kembali menang besar 4-0 atas Timor Leste. Penentuan siapa yang akan lolos otomatis sebagai juara grup ke putaran final yang akan digelar di Uzbekistan akan ditentukan pada laga terakhir yang mempertemukan Indonesia kontra Vietnam pada Minggu (18/9) besok di tempat yang sama.

Pada laga kedua babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Grup F, Timnas U-20 turun dengan komposisi pemain yang berbeda dengan laga pertama. Dari trio penyerang, Ginanjar Wahyu, Hoky Caraka, Beri Santoso yang menjadi andalan kala bersua Timor Leste, hanya Beri Santoso yang menjadi pilihan utama di laga kontra Hongkong.

Nama Ginanjar Wahyu dan Hoky Caraka tak diturunkan pelatih Shin Tae Yong dan digantikan Alfriyanto Nico dan Rabbani Tasnim. Meski tampil dengan banyak pemain baru, namun permainan Timnas Indonesia sama sekali tak menurun dan mampu mendominasi laga dengan melakukan seranagn secara bergelombang.

Serangan demi serangan yang dilakukan akhirnya sukses berbuah manis saat laga memasuki menit ke-19 saat tendangan bebas Zanadin Fariz mampu diselesaikan oleh Rabbani Tasnim Siddiq dengan sundulan untuk merobek gawang Pong Cheuk Hei. Unggul satu gol tak membuat Timnas Indonesia berpuas diri dan terus menekan pertahanan lawan.

Upaya ini kembali berbuah manis saat di menit ke-22, Alfriyanto Nico Saputro berhasil membobol gawang Hongkong untuk kedua kalinya lewat sepakan mendatar yang gagal diantisipasi kiper lawan. Pada menit ke-43, Zanadin Fariz sukses mencetak gol ketiga Indonesia lewat aksinya yang sukses melewati empat pemain Hong Kong dan menyelesaikannya dengan sepakan yang mencukil bola untuk mengecoh kiper Pong Cheuk Hei.

Usai unggul tiga gol di babak pertama, pemain Timnas Indonesia gagal mempertahankan diminasinya di babak kedua. Perlahan, pemain-pemain Hongkong mampu bangkit dan menguasai jalannya laga. Puncaknya, melalui skema serangan balik cepat, pemain belakang Timans Indonesia melakukan pelanggaran berupa handball di dalam kotak penalti.

Wasit yang secara langsung melihatnya, tanpa ampun memberikan hukuman penalti. Tak hanya mendapatkan hukuman penalti, Timnas Indonesia harus kehilangan kiper utamanya, Cahya Supriadi yang mengalami cedera usai bertabrakan dengan sesama pemain Indonesia. Kiper pengganti, Aditya Arya Nugraha harus langsung memungut bola dari gawangnya di menit ke-63.

Meski sukses mementahkan sepakan eksekusi penalti Chen Ngo Hin, namun bola rebound yang kembali ke arah Chen Ngo Hin, mampu diselesaikan dengan sepakan terarah untuk membobol gawang Indonesia. Tersengat gol dari Hongkong, Timnas Indonesia coba balik menekan pertahanan Hongkong dan melakukan sejumlah pergantian pemain.

Salah satu pergantian yang berbuah manis adalah saat Arsa Ramadan Ahmad digantikan Marselino Ferdinand di menit ke-79. Gelandang serang andalan tim Persebaya Surabaya ini langsung mencetak dua gol di menit ke-85 dan 90 untuk membawa kemenangan Indonesia menjadi 5-1.(HIt)

Credits

Bagikan