Ramuan Shin Tae Yong Bawa Rekor Baru, Loloskan 2 Timnas Sekaligus

user
Primaswolo Sudjono 19 September 2022, 15:05 WIB
untitled

Krjogja.com - Kecerdikan pelatih Shin Tae Yong dalam mengatur strategi, hingga mengubah kompoisisi pemain kembali menghantarkannya sukses melewati masa sulit. Setelah sebelumnya meloloskan Timnas Senior ke putaran final Piala Asia 2023.

Kini ramuannya, membawa anak didiknya U-19 lolos secara otomatis ke putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan. Melalui pertandingan terakhir di Grup F dihadapan puluhan ribu suporter yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (18/9/2022) Garuda Muda sukses menumbangkan Vietnam dengan skor akhir 3-2.

Dengan sukses ini, maka pelatih asal korea mengukir sejarah baru. Yakni meloloskan 2 tim nasional, yakni senior dan level U-20 ke putaran final pada event level Asia. Kesuksesan di Gelora Bung Tomo, diapreasi oleh para pemain, staf pelatih dengan rame-rame mengangkat tubuh Shin Tae Yong.

Baca Juga

Kisah Keluarga Lari 400 Meter Putera, Rajai Nomor Porda dari Tahun 2009 Hingga 2022

Tiga gol Timnas masing-masing dicetak oleh Marselino Ferdinan, Ferrari, dan Rabbani Tasnim. Sementara tim tamu hanya mampu membalas dua gol melalui own goal Ferrari dan Dinh Xuan Tien.

Laga berjalan cukup panas dengan tensi tinggi sejak menit pertama. Jual beli serangan terjadi sepanjang laga. Meski kedua tim sama-sama memiliki beberapa peluang emas, namun buruknya penyelesaian akhir dari kedua tim membuat tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Melihat buntunya lini serang Timnas, Shin Tae Yong kemudian memasukkan Marselino Ferdinan dan Rabbani Tasnim untuk menambah daya gedor pasukan Garuda Muda. Hasilnya, Marselino Ferdinan menjadi aktor terciptanya gol pertama yang lahir dari sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Boom. Indonesia unggul 1-0 pada menit ke 60.

Unggul 1-0 membuat pemain Timnas lengah. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh pasukan Dinh The Nam untuk menyamakan kedudukan. Tepatnya pada menit ke 66, Ferrari yang gagal mengantisipasi umpan silang membuat bola masuk ke gawang sendiri. Bahkan Vietnam berbalik unggul pada menit ke 79 melalui serangan balik cepat yang membuat Dinh Xuan Tien tinggal menyontek bola di depan gawang setelah mendapat umpan silang dari sisi kiri pertahanan Timnas.

Keadaan tertinggal membuat pasukan Garuda Muda kembali menggencarkan serangan. Ferrari berhasil membayar tuntas gol bunuh dirinya dengan tandukannya yang memanfaatkan situasi sepak pojok. Indonesia kembali mencetak gol untuk membalikkan keadaan lima menit sebelum waktu normal usai melalui tap in Rabbani Tasnim. Kredit untuk assist Alfriyanto Nico yang sukses melewati beberapa pemain melalui aksi individunya sebelum memberikan umpan silang di tiang jauh.

Skor 3-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan hasil ini, Timnas U19 Indonesia sukses mengamankan satu tiket berlaga di ajang Piala Asia 2023 di Uzbekistan. Sekaligus mematahkan dominasi Vietnam atas Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong baik senior maupun kelompok umur.

Untuk diketahui, kesuksesan Timnas menundukkan Vietnam sekaligus menjadikan dendam terbalaskan. Pasalnya, pada ajang Piala AFF U19 2022, Indonesia harus tersingkir secara tak adil setelah kalah head to head dengan Vietnam. Vietnam yang kala itu bertanding melawan Thailand di pertandingan terakhir fase grup diduga bermain mata. Kedua tim tidak memiliki niat untuk saling serang dan hanya bermain-main di daerah pertahanan sendiri saat skor imbang 1-1. Sehingga kemenangan Timnas ini menjadi manis, selain memastikan satu tiket di Piala Asia 2023 juga dapat membalaskan dendam setelah ‘dicurangi’ Vietnam pada gelaran AFF, Juli lalu. (Lukman Hakim)

Credits

Bagikan