Kapal Api Indonesia International Series, Syabda Torehkan Kemenangan Pertama

user
Ary B Prass 20 September 2022, 20:57 WIB
untitled

Krjogja.com - Tunggal putra-putri tuan rumah Indonesia Syabda Perkasa Belawa (unggulan 8) dan Bilqis Prasista masing-masing sukses menorehkan kemenangan awal pada laga pembuka hari pertama Turnamen Bulutangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022.

Bertanding di lapangan 3 kompleks GOR Among Raga, Yogya, Selasa (20/9/2022), Syabda Perkasa Belawa berhasil membungkus kemenangan atas tunggal putra Malaysia Teh Jin Hong dua game langsung dengan skor 21-9, 21-5 dalam waktu 29 menit. Berkat kemenangan itu, Syabda berhak melaju ke babak kedua (32 Besar) guna menghadapi rekan senegaranya Alvi Wijaya Chairullah yang dalam laga pertamanya menyingkirkan Tanawat Yimjit (Thailand) 21-16,21-16.

Sedangkan Bilqis Prasista yang juga bermain di lapangan 3, sukses memaksimalkan kekuatannya dalam laga awal, setelah mengalahkan rivalnya sesama pemain Indonesia Aisyah Sativa Fatetani dalam waktu 35 menit dua game dengan skor 21-15, 21-15. Atas kemenangan itu, Bilqis akan menghadapi lawan berikutnya di babak 16 besar.

Dia akan menghadapi pemain Merah Putih lainnya Stephanie Widjaja (unggulan 3) yang mendapat bye pada pertandingan pertama. Bilqis pernah pernah viral di jagat maya setelah mengalahkan pemain tunggal putri rangking 1 dunia asal Jepang Akane Yamaguchi dalam laga internasional beberapa waktu lalu.

Seusai laga melawan Teh Jin Hong, Syabda .kepada wartawan mengatakan, di game pertama dirinya sempat tertinggal 0-2 dari lawannya, akibat lapangan agak berangin. Namun setelah itu, Syabda cepat beradaptasi dan terus menguasai kondisi lapangan.

Terbukti, ia mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Setelah itu, Syabda tampil beringas, sembari melakukan smes-smes keras dan dropshot yang mematikan lawan. Setelah skor sama, Syabda terus memimpin perolehan angka, hingga interval 11-3. Sehabis interval, laju poin Syabda tidak terbendung oleh pemain Negeri Jiran tersebut.  Akibatnya, Syabda pun menuntaskan game pertama dengan skor 21-9.

Pada game kedua, performa Syabda terus meningkat. Sebaliknya, Teh Jin Hong, terus tertekan, permainannya kurang berkembang, sehingga dengan mudah dikendalikan Syabda. Pengumpulan angka Syabda terus bergerak cepat hingga interval 11-2.

Setelah kedua pemain istirahat sekitar dua menit, permainan Syabda tidak berubah, ia tetap mengendalikan lawan dan akhirnya menutup game kedua dengan skor 21-5. "Sebelumnya saya belum pernah ketemu Teh Jin Hong dalam laga kejuaraan bulutangkis internasional. Hanya saja, saya mempelajari dan melihat permainannya lewat video," ujar Syabda.

Lebih lanjutkan dikatakan, menghadapi kawan sendiri, Alvi Wijaya hari ini, dirinya akan berusaha untuk menang lagi. "Saya akui dalam latihan di pelatnas PBSI antara saya dengan Alvi, sudah saling mengalahkan," tegasnya.

Dalam laga hari pertama kemarin, hampir semua pemain Indonesia mampu merebut kemenangan. Mereka selain Syabda dan Bilqis, kemenangan pertama juga dibukukan pemain tunggal putri Yasnita Enggira Setia yang menang atas Lin Tzu -Yun (China Taipei) 21-15, 19-21, 21-6. Saifi Rizka Nurhidayah (Indonesia) vs Siti Sarah Azzahra (Indonesia) 21-18, 16-21, 21-11. Tunggal putra: Yonathan Ramlie (Indonesia) vs Andrew Tan (Malaysia) 21-7, 21-9. (Rar)

Kredit

Bagikan