Ronaldo Pemain di Piala Dunia 2022 yang Paling Berpengaruh di Instagram

user
Tomi Sujatmiko 23 September 2022, 01:12 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Popularitas Cristiano Ronaldo benar-benar tak terbantahkan. Meski belakangan ini lebih sering menghuni bangku cadangan Manchester United, ketenaran pemain asal Portugal itu tetap terjaga.

Menurut Nielsen InfluenceScope, Cristiano Ronaldo bahkan masih memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022. Pemain sepak bola asal Portugal ini berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Hasilnya, Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47% dalam setahun terakhir. Dia mengungguli trio penyerang PSG, Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

Mereka berada di bawah Ronaldo dengan nilai media rata-rata lebih dari $1 juta per postingan.

Lionel Messi berada di urutan kedua. Pemain asal Argentina itu memiliki nilai media lebih dari $2,6 juta per posting dan 358 juta pengikut. Sementara bintang baru Real Madrid, tercatat mengalami peningkatan jumlah followers di Instagram yang mencapai hingga 90% pada musim lalu. Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

Pemain Chelsea, N’Golo Kanté juga mencatatkan pertumbuhan yang luar bisa. Pemain yang begelimang gelar Piala Dunia, Liga Champions, hingga Liga Premier terseut memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya, yakni 11%. Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Gelandang Barcelona Gavi adalah Breakthrough Players teratas dalam indeks Nielsen. Dia berada di atas Raphinha dan Antony (Ajax). Gavi telah meningkatkan followersnya lebih dari 5000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Postingannya memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran Breakthrough Players.

Usia muda tidak menjadi syarat mutlak untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar Breakthrough Players. Hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usia yang sudah 28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followersnya pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13%.

HALAMAN

Credits

Bagikan