Piala Suratin DIY Resmi Bergulir, Pendidikan Karakter Pemain Jadi Utama

user
Danar W 26 September 2022, 15:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Asprov PSSI DIY resmi memulai gelaran Piala Suratin U-13, U-15 dan U-17, Senin (26/9/2022). Pembukaan dilakukan di Stadion Mandala Krida dengan mempertandingkan laga U-17 antara Persikup Kulonprogo melawan JK United.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Syauqi Soeratno mengatakan pada usia Piala Soeratin ini, para pemain masih diberikan banyak kesempatan untuk mengenali kemampuan. Pendidikan karakter menurut Syauqi menjadi hal utama dalam perjalanan kompetisi yang diharapkan bisa dilaksanakan tiap klub peserta.

“Pada usia ini, pemain diberikan kesempatan untuk mengenali kemampuannya pada saat itu tentu kita tidak bisa menuntut kinerja kepada anak-anak kita yang masih remaja, kesempatan untuk bermain mematangkan karakter memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mereka mengenal permainan itu jauh lebih penting daripada sekedar membuat gol atau memenangkan pertandingan,” ungkap Syauqi.

Pembentukan mental pemain menurut Syauqi menjafi suatu tujuan dalam kompetisi. Klub diharapkan tidak selalu menuntut pemain untuk selalu memenangkan pertandingan namun membangun mental agar berproses lebih matang ke depan.

“Mungkin belum saatnya dituntut untuk selalu menang akan jatuh mentalnya down, dan suatu hari menjadi trauma dan belum tentu ini akan selesai dalam 1 2 3 tahun ke depan.esalahan teknis masih bisa diselesaikan, kekurangsempurnaan bentuk fisik bentuk tubuh masih bisa dilatih tapi persoalan mental yang down itu tumbuh tidak sederhana. Karena itu mari bersama-sama kita membina anak-anak kita dengan cara yang tepat kita serahkan aspek teknis kepada para pelatih di klub dan di sekolah sepakbola Insyaallah mereka lebih paham daripada kita, cukup kita berikan dukungan dari luar lapangan kita yakinkan kita motivasi anak-anak kita apapun hasil pertandingannya,” tandas Syauqi.

Sementara, Ediyanto, Ketua Panitia Pelaksana Piala Suratin Asprov PSSI DIY, menyampaikan pertandingan Piala Soeratin digelar serentak di beberapa lapangan seperti Karang, Mandala Krida, Dwi Windu, Semanu hingga Maguwo Park. Setelaj momen hari pembukaan, pertandingan akan digelar setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu.

“Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17. Tahun ini mulai Minggu 25 September. Pertandingan dilaksanakan tiap Minggu pagi dan sore untuk U-13 dan U-15, sementara untuk U-17 setiap hari Sabtu. Kompetisi berjalan 26 September sampai 13 November 2022. Tiap kelompok usia akan ada satu wakil DIY yang lolos ke tingkat nasional,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan