Pebalap Gunungkidul Juarai IATC, Merah Putih Berkibar di Thailand

user
Primaswolo Sudjono 02 Oktober 2022, 23:38 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Veda Ega Pratama, pebalap asal Gunungkidul, DIY binaan PT Astra Honda Motor (AHM), berhasil meraih podium tertinggi pada balapan kedua di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) Seri Keempat, sehingga Bendera Merah Putih pun berkibar diiringi berkumandangnya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Minggu (2/10/2022). Catatan prestasi ini melengkapi capaian Veda pada balapan pertama dengan raihan podium kedua.

Pada race pertama, Sabtu (1/10/2022), Veda Ega Pratama dengan nomor motor 7 memulai balapan dari posisi ke-4. Sejak awal balapan pebalap 13 tahun ini berhasil mendominasi posisi pertama sejak lap ke-11, namun sayang pada di lap pamungkas dirinya sempat melebar di tikungan terakhir sehingga harus rela finish di posisi kedua.

Rekan satu Tim Veda, Aan Riswanto (nomor motor 3) dan Reykat Yusuf Fadillah (nomor motor 15) yang start dari posisi ke-7 dan ke-14, berada di rombongan kedua harus bekerja keras menghadapi lima pebalap lainnya untuk memperebutkan posisi ke-5. Hingga akhir balapan, Reykat berhasil finish di posisi ke-9 dan Aan finish di posisi ke-11. Sedangkan Muhammad Diandra Trihardika dengan nomor motor 22 yang melakukan start dari posisi ke-16 tidak dapat menyelesaikan balapan akibat kendala pada mesin.

Race kedua yang dihelat pada Minggu (2/10) dengan kondisi cuaca yang mendung dan lintasan sedikit basah, semua pebalap hasil didikan Astra Honda Racing School (AHRS) tampil impresif dan berhasil finish di 10 besar. Belajar dari kesalahan pada race sebelumnya, Veda yang sempat tercecer hingga posisi ke-9, secara perlahan dan konsisten berhasil masuk di barisan terdepan. Dominasi posisi pertama dimulai sejak lap ke-8 dan mampu meninggalkan pebalap lainnya sejauh 7 detik hingga garis finish. Capaian ini membuat Veda berada di posisi ke-5 klasemen sementara dengan mengantongi 71 poin.

"Alhamdullillah, race kedua berjalan sesuai dengan target saya. Selepas start saya fokus menjaga irama dan jarak pada rombongan, di waktu yang tepat saya coba menekan dan menjaga kecepatan secara konsisten yang membuat jarak yang semakin lebar hingga finish pada posisi pertama. Saya sangat senang sekali dengan hasil ini, saya ucapkan terima kasih bagi para pendukung saya dan masyarakat Indonesia yang selalu mendoakan saya," ujar Veda.

Aan Riswanto dan Reykat Yusuf Fadillah juga menyuguhkan balapan yang impresif pada race kedua. Berada di rombongan kedua dengan bersaing dengan 3 pebalap lainnya untuk memperebutkan posisi ke-4. Hingga akhir balapan, Aan mampu finish di posisi ke-6 sedangkan Reykat finish di posisi ke-8. Posisi ini disusul oleh Muhammad Diandra Trihardika yang finish posisi ke-10.

Dengan raihan ini, Reykat berhasil menduduki peringkat 7 dengan mengumpulkan 53 poin pada klasemen sementara, Aan di peringkat 13 dengan 30 poin, dan Diandra di peringkat 15 dengan 28 poin dari 23 pebalap yang mengikuti kejuaraan IATC 2022.

"Bagi saya, race 2 ini berjalan luar biasa. Race ini sangat rapat antarpebalap. Saya jaga irama dan terus fokus untuk tidak melakukan kesalahan dengan bersaing ketat bersama pebalap lainnya. Pada akhirnya, finish ke-6 adalah hasil terbaik yang bisa saya dapat di race ini. Saya berharap, putaran berikutnya saya bisa memberikan raihan tertinggi," ujar Aan.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, raihan para pebalap muda binaan yang mampu menduduki 10 besar dan podium di setiap balapan pada seri ini menunjukan semangat juang yang tinggi untuk mencetak prestasi. Momen ini juga menjadi ajang belajar para pebalap untuk meraih prestasi tertingginya di ajak balap internasional.

"Kegigihan para pebalap untuk mengharumkan Indonesia di kancah balap international sangat terlihat pada putaran kali ini dan putaran sebelumnya sehingga membuahkan hasil positif. Dukungan secara konsisten kami berikan kepada para pebalap untuk meraih mimpi mereka hingga ke kompetisi balap sepeda motor tertinggi di dunia," ujar Andy.

Para pebalap akan kembali turun pada putaran kelima di Sepang International Circuit pada Minggu (23-24/10/2022). (San)

Kredit

Bagikan