Gol Penalti di Laga Perdana Jadi Sejarah Baru Piala Dunia

user
Tomi Sujatmiko 22 November 2022, 11:22 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Gol Enner Valencia untuk Timnas Ekuador ke gawang Qatar mencatat sejarah baru dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Untuk pertama kalinya, gol pembuka gelaran Piala Dunia diciptakan melalui titik putih atau titik penalti.

Sebelumnya, gol-gol pertama di turnamen empat tahunan ini lahir dari open play. Open play adalah gol yang tercipta melalui proses penyerangan berkat umpan-umpan atau kerja sama antar pemain dalam satu tim.

Laga Grup A piala dunia ini berlangsung di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022) malam. Gol Enner Valencia dari titik penalti di menit ke-16 pun membawa Ekuador unggul lebih dulu.

Kapten Ekuador itu berhasil mengeksekusi bola dengan sempurna menggunakan kaki kanannya. Ia mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Qatar dan menipu kiper Qatar, Al Sheeb, yang bergerak ke sisi sebaliknya.

Sebelumnya, pada menit ke-3, gol Valencia dianulir wasit karena dianggap offside. Hingga beberapa menit setelahnya, Al Sheeb menjatuhkan Valencia di area terlarang yang membuat dirinya dihadiahi kartu kuning sekaligus memberikan keuntungan tendangan penalti untuk Ekuador.

Tak berhenti di situ, Valencia kembali mencetak gol di menit ke-31. Kedudukan 2-0 berlangsung hingga akhir pertandingan. Tercatat, sepanjang keikutsertaannya dalam Piala Dunia, Valencia telah mencetak lima gol untuk Ekuador.

Sementara itu, kekahalan Qatar pada laga pertama justru memuat catatan miring. Qatar disebut sebagai tim tuan rumah pertama sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia yang memulai turnamen dengan kekalahan. Namun, Qatar masih memiliki kans untuk bangkit pada laga selanjutnya. Mereka akan bertemu Senegal pada Jumat (25/11/2022) mendatang dalam Piala Dunia 2022 Qatar. Sementara Ekuador akan melawan Belanda di hari yang sama. (*)

Kredit

Bagikan