'Al Rihla', Bola Piala Dunia 2022 Dilengkapi Sensor Canggih

user
Tomi Sujatmiko 24 November 2022, 15:21 WIB
untitled

Krjogja.com - Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar adalah turnamen yang mengadopsi teknologi paling signifikan dalam sejarah olahraga. Sepanjang pertandingan, bola yang berisi sensor akan mengumpulkan data pemosisian spasial secara real time.

Ya, ini adalah Piala Dunia pertama yang menggunakan mekanisme pelacakan bola semacam itu, dikombinasikan dengan alat pelacak optik yang ada, akan membuat VAR (video assistant referees) dan program seperti offside reviews lebih akurat dan efisien.

Bola pertandingan resmi buatan Adidas yang berjuluk Al Rihla itu memiliki sensor gerak di dalamnya, tersemat teknologi bernama Adidas Suspension System.

Sensor tersebut mencakup sensor gerak unit pengukuran inersia 500Hz, melaporkan data lokasi yang tepat pada bola 500 kali per detik.

Adidas mengklaim, teknologi ini membantu wasit membuat keputusan yang lebih tepat. Demikian sebagaimana dikutip dari Washington Post, Kamis (24/11/2022).

Sederhananya teknologi bola ini disebut juga Semi-Automated Offside Technology (SAOT). Al Rihla ditenagai baterai yang dapat diisi ulang. Teknologi sensor canggih ini diklaim tidak mencolok bagi pemain dan tak memengaruhi performa bola.

"Bola telah diuji di beberapa turnamen sepak bola menjelang acara utama, termasuk 2021 FIFA Club World Cup, dan tidak memengaruhi kinerja pemain," kata Adidas.

Bola ini akan digunakan di semua 64 pertandingan turnamen, dan akan memberi informasi kembali ke pusat data, yang dapat digunakan ofisial untuk melacak statistik dan memantau pertandingan.

HALAMAN

Kredit

Bagikan