1520 Pelari Meriahkan Sibakul Sport Fest, UMKM Yogya Kolaborasi Sportainment

user
Danar W 27 November 2022, 19:07 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - 1520 peserta ikut berlari dalam event Sibakul Sport Fest 2022 yang dipusatkan di Stadion Kridosono, Minggu (27/11/2022). Dalam event yang digagas Dinas Koperasi dan UKM DIY ini, lebih dari 70 gerai UMKM turut serta bertatap muka langsung dalam acara yang dibalut dengan konsep sportainment ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengibarkan bendera start untuk kategori 10K dan 5K mengatakan, dalam event ini sedikitnya ada 70 UMKM dari berbagai sektor yang ikut memamerkan produk-produk unggulan. Menurut Aji, UMKM memiliki ruang untuk mengenalkan lebih dekat produknya dalam segmentasi pasar baru yakni penghobi lari dari berbagai daerah.

“Tentu ini untuk membantu pemasaran dalam bidang UMKM. Supaya orang-orang lebih mengenal produk-produk UMKM yang ada di Yogyakarta. Kami berharap teman-teman UMKM punya ruang untuk menunjukkan produk berkualitasnya,” ungkap Aji.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan, event Sibakul Sport Fest merupakan upaya pemerintah memberikan ruang pertemuan antara masyarakat dengan para pelaku UMKM. Konsep sportainment yang digagas menjadi upaya menaikkan kelas UMKM Yogyakarta yang memang berkualitas.

“Kegiatan ini mengkolaborasikan sportainment. UMKM menampilkan produk dan menjualnya sementara penghobi dan atlet lari bisa berkompetisi dalam Sibakul Sport Fest ini. Ada 70 lebih UMKM yang sebelumnya menjalani kurasi, sehingga punya kesesuaian dengan segmentasi penghobi lari,” ungkap Siwi.

UMKM yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini menurut dia merupakan binaan Sibakul di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM DIY. Para pelari mendapatkan racepack yang seluruhnya diproduksi UMKM mulai jersey hingga produk UMKM lokal dalam race pack.

“Beberapa produk minuman UMKM lokal seperti beras kencur dan olahan lidah buaya dan aneka makanan ada dalam racepack yang diberikan pada peserta. Selain itu, event yang didukung Dana Keistimewaan ini memberikan voucher pada peserta untuk membeli produk UMKM di acara itu,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan