Jerman Kontra Spanyol Tanpa Pemenang

user
Tomi Sujatmiko 28 November 2022, 08:50 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Duel big match antara Spanyol vs Jerman pada Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Senin (28/11/202) dini hari, berakhir tanpa pemenang setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Menghadapi Jerman, pelatih Spanyol, Luis Enrique, membuat satu perubahan pada starting XI mereka dibandingkan ketika menghajar Kosta Rika 7-0. Dani Carvajal menggantikan Cesar Azpilicueta di sisi kanan pertahanan.

Sementara, Jerman setelah kekalahan dari Jepang membuat dua perubahan pada starting line-up mereka. Thilo Kehrer menggantikan Nico Schlotterbeck di lini belakang dan pemain depan Kai Havertz disimpan di bangku cadangan, untuk memberi jalan kepada gelandang Bayern Munchen, Leon Goretzka.

Spanyol langsung mengancam melalui tendangan keras Dani Olmo pada menit 6. Beruntung tangan Manuel Neuer, masih bisa menepisnya hingga bola berubah arah dan hanya membentur mistar.

Pergerakan Leon Goretzka sempat menciptakan ruang terbuka di pertahanan Spanyol, sayang Serge Gnabry yang berdiri bebas saat menerima umpan dari rekannya di Bayern Munchen, sudah berdiri dalam posisi offside. Menit 21 tembakan Jordi Alba masih meleset di sisi kanan gawang Jerman, tetapi cukup membuat fan tim Panser deg-degan.

Tidak lama berselang, kiper Spanyol Unai Simon, melakukan sapuan buruk dan hampir membuat timnya kebobolan. Bola yang ditendang Unai Simon, jatuh ke kaki Serge Gnabry, tetapi beruntung bagi Spanyol karena tembakan winger Bayern Munchen itu, menyamping.

Di menit 39, suporter Jerman sempat bergemuruh merayakan gol ketika sundulan Antonio Rudiger yang menerima umpan tendangan bebas Joshua Kimmich, merobek gawang Spanyol. Tetapi wasit asal Belanda, Danny Makkelie, menganulirnya karena bek Real Madrid itu, berdiri dalam posisi offside.

Jelang berakhirnya babak pertama, Antonio Rudiger, berada dalam posisi cukup ideal di sisi kiri pertahanan Spanyol ketika Joshua Kimmich melepaskan umpan dari tendangan bebas. Dengan sekali kontrol, Rudiger melepaskan tembakan, namun masih bisa diamankan Unai Simon.

Secara umum, di babak pertama, permainan Spanyol dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan pressing tinggi saat mereka kehilangan bola, cukup menyulitkan Jerman mengembangkan permainan sesuai rencana karena lebih banyak dalam posisi ditekan.

Dikutip dari laman FIFA, statistik pertandingan pada babak pertama, Spanyol menguasai 55 persen bola, sedangkan Jerman hanya kebagian 28 persen dan sisanya 17 persen bola netral yang mengalir dalam permainan.

Spanyol juga unggul dalam distribusi bola dengan memproduksi 362 umpan, 324 di antaranya umpan sukses, dibandingkan Jerman yang mencatat 149 umpan sukses dari 180 umpan.

Walaupun kalah dalam penguasaan bola, tetapi dalam percobaan tembakan, Spanyol dan Jerman, tergolong berimbang. Di mana Spanyol melepaskan 4 tembakan, 1 on target. Sedangkan Jerman, 4 tembakan dan 1 on target. Pertahanan Jerman juga, cukup solid ketika digempur para pemain Spanyol.

HALAMAN

Kredit

Bagikan