Bola Piala Dunia 2022 Produksi Madiun Mendapat Pujian

user
Danar W 29 November 2022, 06:22 WIB
untitled

Krjogja.com - MADIUN - Bola Piala Dunia 2022 dibuat di Madiun, Jawa Timur. Bola ini mendapat sorotan dari ahli fisika Amerika Serikat, terutama karena teksturnya.

Dilansir The Conversation, Senin (28/11/2022), ahli fisika dari Amerika Serikat, John Eric Goff, berkata bola-bola di Piala Dunia tetap menarik disorot, meski Piala Dunia Qatar dipenuhi kontroversi korupsi dan HAM.

Pemasok bola Piala Dunia adalah Adidas yang telah melakukannya sejak 1970. Era baru bagi bola dimulai pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Saat itu, bola bernama Teamgeist memiliki teknik pembuatan yang baru sehingga bisa mencegah air dari interior bola saat hari sedang hujan atau lembab.

"Ketimbang menggunakan tekstur yang terangkat untuk menambah kerasnya tekstur seperti bola-bola sebelumnya, Al Rihla diliputi oleh fitur-fitur seperti lesung yang memberikan permukaannya rasa yang relatif lembuh dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya," ujar John Eric Goff, profesor fisika di Universitas Lynchburg.

Al Rihla juga disorot karena menggunakan tinta dan lem yang berbahan air. Bola ini juga merupakan evolusi dari bola Jabulani di Piala Dunia Afrika Selatan.

Bola Jabulani mendapat kritikan dari pemain karena mendadak suka melambat. Setelah diteliti oleh John Eric Goff, bola itu ternyata terlalu mulus. Al Rihla lantas dibuat dengan jahitan yang lebih luas dan mendalam agar tidak terlalu mulus seperti Jabulani.

Al Rihla disebut mirip dengan Telstar 18 (Piala Dunia Rusia) dan Brazuca (Piala Dunia Brasil).

"Setiap bola baru bertemu dengan keluhan dari seseorang, tetapi sains menunjukkan bahwa Al Rihla seharusnya terasa familiar bagi para pemain di Piala Dunia tahun ini," ujar John Eric Goff.

Piala Dunia 2022 di Qatar yang sudah digelar sejak Minggu, 20 November 2022 kini menjadi perhatian masyarakat dunia. Bukan soal pemain dan skor pertandingan, segala pernak pernik dan perlengkapan di lapangan hijau rupanya juga menjadi sorotan.

Salah satunya yaitu bola yang dipakai pada Piala Dunia 2022 Qatar bernama Al Rihla, yang ternyata dibuat di Madiun. Bola Piala Dunia Qatar ini diproduksi perusahaan asal Jawa Timur, PT Global Way Indonesia (GWI) yang merupakan produsen peralatan asli untuk merek Adidas.

Hal tersebut sebelumnya telah erungkap dalam unggahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah membagikan momen ketika dirinya sedang melihat bola resmi Piala Dunia 2022 yang siap diekspor.

"Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terakbar di planet itu, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingan." tulis Khofifah dalam foto tersebut.

"Al Rihla si bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bola buatan Indonesia yang diproduksi di Madiun. Adidas mempercayakan Global Way Indonesia di Madiun untuk memproduksi bola yang bakalan ditendang oleh bintang-bintang sepak bola dunia," Khofifh menambahkan.

Lebih lanjut, Khofifah berharap di masa depan Indonesia bukan hanya mengirimkan bola Piala Dunia Qatar melainkan juga berpartisipasi lewat kehadiran tim nasional di ajang tersebut.

"Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, Timnas Indonesia juga bisa ikut berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Khofifah.(*)

Kredit

Bagikan