Menimbang Peruntungan di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Siasat Siapa Paling Jitu?

user
Tomi Sujatmiko 02 Desember 2022, 09:20 WIB
untitled

Krjogja.com - QATAR - Beberapa peserta Piala Dunia 2022 sudah menyelesaikan babak penyisihan grup. Bahkan, beberapa di antaranya sudah memastikan langkah ke babak 16 besar. Di Grup A, Belanda dan Senegal akan melaju ke babak selanjutnya.

Belanda tampak dominan di puncak klasemen setelah menyelesaikan tiga pertandingan dengan hasil dua kemenangan dan sekali imbang. De Oranje menang 2-0 atas Senegal, imbang 1-1 kontra Ekuador, dan menang 2-0 atas tuan rumah Qatar.

Sementara Senegal memang layak diperhitungkan walau sempat mengalami kekalahan menyakitkan dari Belanda di laga awal. Mereka akhirnya mengatasi Qatar 3-1, dan menang 2-1 atas Ekuador.

Di grup B, Inggris dan Amerika Serikat membuktikan diri lebih baik. Inggris keluar sebagai juara grup setelah mencukur Iran 6-2, imbang tanpa gol kontra AS, dan menang 3-0 atas Wales. Sedangkan AS bermain imbang 1-1 dengan Wales, dan tanpa gol kontra Inggris, hingga menang tipis 1-0 atas Iran.

Grup C tak kalah menegangkan. Argentina akhirnya keluar sebagai juara grup setelah mengumpulkan enam poin, walau sempat menuai kekalahan mengejutkan 1-2 dari Arab Saudi. Namun, La Albiceleste akhirnya menang dengan skor 2-0 atas Meksiko dan Polandia.

Sementara Polandia cukup beruntung menemani Argentina ke babak selanjutnya, walau di laga terakhir penyisihan grup dipermalukan Lionel Messi Cs. Polandia finish sebagai runner-up setelah unggul agresivitas gol atas Meksiko, walau keduanya memiliki poin sama (4).

Di Grup D, Prancis memastikan diri keluar sebagai juara grup walau mengalami kekalahan mengejutkan dari Tunisia 0-1. Mereka unggul agresivitas gol atas Australia selaku runner-up, walau keduanya memiliki poin sama (6).

Sementara grup lainnya masih akan menjalani laga penentuan, seperti Grup E yang menentukan langkah Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman.Di Grup F akan menentukan perjalanan Kroasia, Maroko, dan Belgia. Sementara Kanada sudah dinyatakan tereliminasi dari persaingan grup akibat dua kekalahan beruntun.

Di Grup G, hanya Brasil yang sudah memastikan langkah selanjutnya. Kini, tinggal Swiss, Kamerun, dan Serbia yang akan berjibaku untuk memastikan langkah selanjutnya.Sementara di Grup H, Portugal juga memastikan langkah ke babak selanjutnya. Tinggal Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay yang akan menentukan nasib mereka ke babak 16 besar.

Prediksi Pertandingan 16 Besar
Jika mengacu jadwal yang sudah ditentukan FIFA, sejumlah tim sejatinya sudah mengetahui lawan mereka di babak selanjutnya. Sebut saja Belanda akan menghadapi Amerika Serikat di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Sabtu (3/12/2022).

Sementara Argentina selaku juara Grup C akan bertemu runner-up Grup D, Australia. Keduanya akan bertemu di Ahmad bin Ali Stadium, Sabtu (3/12/2022).

Di kubu Inggris, skuad asuhan Gareth Southgate tengah bersiap menghadapi Senegal di Al Bayt Stadium, Minggu (4/12/2022). Sementara Prancis akan menghadapi Polandia di Al Thumama pada hari yang sama.

Sedangkan lainnya masih mencari siapa yang akan keluar dari babak selanjutnya. Namun, jadwal undian sudah ditentukan sebelumnya, di mana fakta itu membuat para kontestan akan memberikan yang terbaik di laga terakhir penyisihan grup.

Undian akan menempatkan juara Grup E akan menghadapi runner-up Grup F. Sebaliknya, jawara Grup F akan bertemu runner-up Grup E. Begitu pula dengan juara Grup G akan berjibaku dengan runner-up Grup H dan pemenang Grup H akan menghadapi runner-up Grup G.

 

 

 

HALAMAN

Kredit

Bagikan