Gugur di Piala Dunia Qatar 2022, Roberto Martinez Resmi Mundur

user
Tomi Sujatmiko 02 Desember 2022, 13:09 WIB
untitled

Krjogja.com - Doha - Pelatih Belgia, Roberto Martinez resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala pelatih setelah gagal membawa anak asuhnya untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, menyusul hasil imbang 0-0 menghadapi Kroasia di laga pamungkas pada Kamis malam (1/12).

Pelatih berusia 49 menukangi tim berjuluk The Red Devils sejak 2016 serta kontraknya akan habis usai Piala Dunia Qatar 2022. Dalam konferensi pers, Roberto Martinez mengungkapkan bahwa laga melawan Kroasia adalah pertandingan terakhirnya bersama timnas Belgia.

"Itu adalah pertandingan terakhir saya dengan tim nasional dan itu emosional, seperti yang bisa Anda bayangkan. Dalam enam tahun, semua yang ingin Anda lakukan di klub, kami mampu melakukannya di tim nasional. Itu membuat saya sangat bangga," kata Roberto dikutip dari situs resmi FIFA pada Jumat, 2 Desember 2022.

"Tim ini telah memberikan kegembiraan yang luar biasa kepada semua orang. Namun, sekarang saatnya menerima bahwa ini adalah milik saya untuk memainkan permainan terakhir," ujarnya.

Enam tahun di Belgia, Roberto Martinez memimpin 80 pertandingan selama melakoni laga internasional. Dari 80 laga masing-masing menorehkan 56 kemenangan, 13 hasil seri, dan 11 menelan kekalahan.

Puncak kariernya, saat mengantarkan Kevin De Bruyne Cs tampil menggila di edisi Piala Dunia 2018 hingga melaju ke semifinal, lalu berhasil rebut posisi ketiga.

Sementara edisi 2022, Belgia masuk ke Grup F bersama Kroasia, Maroko, dan Kanada. Sayangnya, anak asuh Roberto Martinez hanya mampu finis peringkat ketiga yang memperoleh empat poin dari sekali menang, seri, dan kalah.

Meski demikian, federasi sepakbola Belgia (KBVB) segera mencari kepala pelatih baru sebelum kualifikasi Euro 2024 yang akan dimulai untuk menghadapi Swedia pada Maret 2023 mendatang

Kredit

Bagikan