Belanda vs Amerika Serikat, Saatnya Pembuktian Tim Oranye

user
Agusigit 03 Desember 2022, 16:45 WIB
untitled

Krjogja.com - Doha - Belanda bertemu Amerika Serikat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Pertandingan akan disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Tim Oranye lolos ke putaran gugur Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup A, dengan Negeri Paman Sam melaju usai membuntuti Inggris di Grup B.

Kehadiran di fase knock out memperpanjang rekor impresif Belanda sepanjang mengikuti Piala Dunia pada 1934. Mereka selalu tampil di putaran 16 besar dan hanya tersisih dua kali di babak ini dua kali dalam 32 tahun, tepatnya tahun 1990 dan 2006.

Belanda boleh percaya diri bakal terus melenggang di bawah arahan Louis van Gaal. Sukses memaksimalkan kualitas pemain yang dimiliki, dia membawa Belanda tidak terkalahkan pada 18 pertandingan di seluruh kompetisi usai ditunjuk menggantikan Frank de Boer, Agustus 2021.

Meski mampu memenangkan persaingan sengit kontra Iran dan Wales di Grup B, Amerika Serikat tetap tidak diunggulkan pada pertandingan nanti. Kualitas skuad yang masih satu level di bawah Belanda jadi alasan di balik prediksi itu.

Rekor Amerika Serikat melawan wakil Eropa di Piala Dunia juga buruk. Terakhir kali berjaya pada 2002, mereka maksimal memetik enam hasil imbang pada 11 pertarungan versus tim UEFA. Amerika Serikat juga selalu disingkirkan tim Eropa pada babak gugur Piala Dunia.

Ketergantungan terhadap Christian Pulisic juga berpotensi merugikan Negeri Paman Sam. AS hanya mencetak dua gol di fase grup, dengan seluruhnya tercipta berkat kontribusi pemain Chelsea tersebut (satu gol, satu assist).

Kondisinya juga sedang meragukan karena cedera melawan Iran, meski Pulisic bertekad tampil pada pertandingan Belanda vs Amerika Serikat.

"Christian mengatakan siap melawan Belanda," kata gelandang Amerika Serikat Weston McKennie.

Kredit

Bagikan