RSPAU Gelar Kejurnas Jujitsu untuk Pertama Kalinya di Yogyakarta

user
Danar W 03 Desember 2022, 13:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Guna mendukung kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabang olahraga jujitsu, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito bekerjasama dengan Pengurus Besar Ju-Jitsu Indonesia (PBJI) nasional menyelenggarakan “Kejuaraan Nasional Jujitsu Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup Tahun 2022”. Pembukaan Kejurnas yang dilaksanakan di Sport Center RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Ka RSPAU dr Suhardi hardjolukito Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.Pd., Sp.KP, menyampaikan bahwa Kejuaraan nasional Jujitsu merupakan kali pertama dilaksanakan di D.I Yogyakarta dan hal ini menjadi salah satu kontribusi nyata RSPAU terhadap kemajuan olahraga Jujitsu.

“Melalui kejuaraan ini semoga bisa menjadi sarana pembinaan atlet dan ajang peningkatan prestasi yang lebih baik serta dapat menumbuhkan minat dan bakat para atlet Jujitsu. Sekaligus juga untuk mengasah atau me-refresh kembali kemampuan agar dapat lebih berprestasi di masa yang akan datang”, tambah Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.Pd., Sp.KP, Sabtu (3/12/2022).

Sementara itu Ketua umum KONI pusat yang dibacakan oleh Wakabid Litbang KONI pusat Twisyono menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito atas dukungan terhadap kejurnas jujitsu tahun 2022. Selain itu Sekjen PBJI Dr. Dedy Triharjanto, SE., MM., menyampaikan kejuaraan nasional ini akan berkesinambungan dengan proyeksi PBJI tahun 2023 yaitu mengikuti sea games di Kamboja di bulan Mei mendatang, oleh karena itu para atlet yang menjadi juara pada kejurnas kali ini akan terpilih untuk melaksanakan tes fisik di Jakarta dan berkesempatan mengikuti sea games.

Ketua panitia Kolonel Kes Ahmad Lutfir’an, S,Pd mengatakan kejuaraan nasional Jujitsu dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 3-4 Desember 2022 dan diikuti oleh 180 atlet yang berasal dari 20 PBJI provinsi di seluruh Indonesia, serta mendatangkan 12 orang wasit nasional yang telah tersertifikasi Komite Wasit Nasional PBJI. Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa medali, piagam penghargaan dan tropi serta uang pembinaan untuk juara umum.

Kejuaraan Jujitsu ini ada 2 macam yaitu Newaza dan Fighting, sedangkan nomor yang dipertandingkan ada 16 kategori (putra dan putri) dengan sistem pertandingan gugur. Sistem newaza adalah sebuah pertandingan yang berfokus pada perkelahian bawah (ground fighting) dimana atlet mengandalkan teknik kuncian dan submission yang ia kuasai. Sedangkan fighting sistem adalah pertandingan yang lebih mengandalkan pukulan, tendangan dan bantingan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur DIY yang diwakili oleh kepala Disdikpora DIY Didik Wardoyo, SE., M.Pd, ketua KONI pusat yang diwakili oleh Wakabid Litbang KONI pusat Twisyono, Gubernur AAU yang diwakili oleh Kadep Jasmil AAU Kolonel Pas Supomo, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., Ketua Umum PBJI Pusat yang diwakilkan oleh Sekjen PBJI Dr.Dedy Triharjanto, SE, MM, pengurus PBJI Pusat, Danrem 072/PMK yang diwakili oleh Kajas, Danlanud Adisutjipto yang diwakilkan oleh Kabinjas Lanud Adisutjipto Letkol Kes Tejo Pramono S.Pd., General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang diwakili oleh Manajer Operasional Celly Lewerissa, Kabag Tata Usaha KONI Pusat Hariyanto, pimpinan Perguruan/Club Jujitsu, para pengurus PBJI provinsi, dan para pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Pembukaan kejurnas ditandai dengan pemukulan gong oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. (*)

Kredit

Bagikan